Selasa, 15 Januari 2013

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Kanada akan tampung 5.000 pengungsi Iran, Irak dari Turki

Posted: 15 Jan 2013 05:11 PM PST

Ottawa (ANTARA News) - Kanada akan menampung hingga 5.000 orang sebagian besar pengungsi Irak dan Iran yang sekarang berada di Turki, kata Menteri Imigrasi Jason Kenney Selasa.

"Dengan meningkatnya kekerasan di wilayah itu, lebih banyak orang yang mencari perlindungan di Turki, dan komitmen kami untuk memukimkan kembali 5.000 sebagian besar pengungsi Irak dan Iran di Kanada akan membantu Turki dalam menangani tekanan ini bertumbuh," kata Kenney dalam sebuah pernyataan, lapor AFP.

Tawaran itu diharapkan untuk membebaskan sumber daya bagi melimpahnya orang Suriah mencari perlindungan di Turki dari perang saudara mematikan, yang PBB katakan telah menewaskan lebih dari 60.000 orang dalam hampir dua tahun.

Ottawa telah menyambut 12.000 pengungsi Irak dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar keluar dari Suriah yang dikoyak perang.

Kanada menyambut satu dari 10 pengungsi di seluruh dunia. (AK)

Utusan PBB Suriah: 82 mahasiswa tewas dalam ledakan di Aleppo

Posted: 15 Jan 2013 05:02 PM PST

PBB (ANTARA News) - Setidaknya 82 mahasiswa di Suriah tewas pada Selasa dalam dua ledakan yang mengguncang universitas di Aleppo, kota terbesar Suriah, kata utusan Perserikatan Bangsa Bangsa Suriah kepada Dewan Keamanan PBB.

"Satu aksi pengecut teroris menargetkan mahasiswa Universitas Aleppo saat mereka duduk untuk menjalani ujian mereka. tindakan ini menewaskan 82 mahasiswa dan melukai 162 mahasiswa lainnya," kata Dubes Suriah untuk PBB, Bashar Ja`afari, kepada Dewan Keamanan selama perdebatan tentang kontra-terorisme, lapor Reuters.

Penyebab ledakan tidak jelas, tetapi pemerintah dan aktivis oposisi saling menyalahkan satu sama lain. (AK)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan