Jumaat, 7 September 2012

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Aksi Mengenang Munir Ditutup dengan Doa Bersama

Posted: 07 Sep 2012 12:29 PM PDT

Aksi Mengenang Munir Ditutup dengan Doa Bersama

Penulis : Kiki Budi Hartawan | Sabtu, 8 September 2012 | 02:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan elemen LSM, dan mahasiswa yang tergabung dalam Sahabat Munir menggelar aksi memperingati 8 tahun tewasnya aktifis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir Said Thalib. Mereka menutup aksi tersebut dengan doa bersama di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2012).

Massa yang melakukan doa bersama tersebut bertujuan untuk mengenang dan terealisasikannya janji Presiden untuk menuntaskan kasus pembunuhan aktifis HAM tersebut pada 7 September 2004 silam. "Kami melakukan doa bersama agar janji-janji para petinggi negara ini mampu menuntaskan kasus dan mengenang Cak Munir," ungkap Astri, koordinator aksi, di depan Istana Merdeka, Jumat sore.

Selain itu, Astri juga mengatakan aksi ini digelar untuk mengingatkan kepada masyarakat dan pemerintah agar tidak lupa jika kasus pembunuhan Munir yang belum dituntaskan.. "Delapan tahun kasus ini tidak pernah bisa diselesaikan. Dalang dari pelaku pembunuhan pun tidak ada lagi yang dibawa ke meja hijau," paparnya.

Dalam aksi itu para perwakilan elemen yang tergabung dalam Sahabat Munir melakukan orasi bergantian untuk menyuarakan aspirasi mereka. Mereka juga membentangkan sebuah spanduk berukuran besar yang bertuliskan "8 Tahun Dibunuh, 8 Tahun Tanpa Keadilan, 8 Tahun Tolak Lupa."

Aksi tersebut tidak membuat arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan macet. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan aksi itu di kawal oleh puluhan polisi.

Pemerintah Diminta Usut Kasus Pembunuhan Munir

Posted: 07 Sep 2012 11:11 AM PDT

Pemerintah Diminta Usut Kasus Pembunuhan Munir

Penulis : Kiki Budi Hartawan | Sabtu, 8 September 2012 | 00:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan orang yang tergabung dalam Sahabat Munir menggelar aksi di depan Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), Jumat (7/9/2012) untuk memperingati 8 tahun meninggalnya aktifis Hak Asasi Manusia(HAM), Munir Said Thalib pada 2004 lalu.

Koordinator aksi sahabat Munir, Astra mengungkapkan, dalam aksi yang digelar hari ini tergabung dalam beberapa komunitas LSM dan mahasiswa dengan tegas menuntut pemerintah untuk mengusut dengan tuntas kasus pembunuhan aktifis HAM tersebut, dan menjebloskan para pelakunya ke dalam penjara.

"Kami menuntut untuk melakukan penuntasan kasus ini dengan secepatnya,"ungkapnya.

Dalam orasi yang digelar tersebut, para sahabat Munir tersebut meminta Jaksa Agung Basrief Arief bertindak dengan tegas untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM.

Usai menggelar aksi di Kejaksaan Agung, mereka bertolak ke Istana Presiden untuk menyampaikan aspirasi yang sama.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan