Ahad, 26 Ogos 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Iran Tegaskan Dukungan untuk Suriah

Posted: 27 Aug 2012 03:15 AM PDT

Iran Tegaskan Dukungan untuk Suriah

Senin, 27 Agustus 2012 | 10:15 WIB

AFP/ARIS MESSINIS

Anggota pasukan oposisi berlari mencari perlindungan dalam pertempuran dengan pasukan Pemerintah Suriah di Distrik Al-Mashad, Aleppo, Suriah, Sabtu (25/8). Pasukan oposisi mengatakan, mereka bertempur mati-matian di Aleppo, dalam apa yang disebut ibu segala pertempuran, yang kini memasuki bulan kedua.

TERKAIT:

DAMASKUS, KOMPAS.com - Kepala Keamanan Nasional Iran, Alaeddin Boroujerdi, Minggu (26/8/2012), mengatakan bahwa negaranya melawan setiap intervensi asing di Suriah. Ia juga menekankan, KTT Gerakan Non-Blok yang akan diselenggarakan di Teheran bertujuan menciptakan kesempatan guna membantu menyelesaikan krisis Suriah yang sudah berlangsung 18 bulan.

Boroujerdi membuat pernyataan itu setelah sejumlah pertemuan yang diadakan pada Minggu di ibu kota Suriah, Damaskus. Di sana ia bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad, wakilnya Farouq al-Shara'a dan Menteri Luar Negeri Walid al-Moallem.

Pembicaraan mereka menyinggung prakarsa terbaru Iran, yang akan dibahas di KTT Gerakan Non-Blok di Teheran. Kepala keamanan Iran itu, dalam kunjungan dua hari ke Suriah, mengeluarkan kecaman pedas terhadap Amerika Serikat dan sekutu regionalnya serta menuduh mereka tidak mendukung solusi politik untuk menyelesaikan krisis itu tetapi justru mendorong militerisasi krisis.

Dia menegaskan dukungan negaranya terhadap Suriah. Ia mengatakan, "Kami berada pada kesiapan penuh untuk berdikusi dengan oposisi Suriah dengan partisipasi pemerintah Suriah, dan kami berpikir bahwa satu-satunya jalan keluar dari krisis ini adalah solusi politik."

Dia mengatakan, pemerintah Suriah sepakat untuk memulai dialog dengan oposisi.

Sumber :

Ant, Xinhua, Oana

Editor :

Egidius Patnistik

Romney: Kampanye Obama Memecah-belah AS

Posted: 27 Aug 2012 02:40 AM PDT

Romney: Kampanye Obama Memecah-belah AS

Senin, 27 Agustus 2012 | 09:40 WIB

Kandidat presiden dari Partai Republik, Mitt Romney menuding rivalnya dari Partai Demokrat, Barack Obama melakukan kampanye yang mengundang 'kemarahan dan kebencian.'

Dia mengatakan kampanye Demokrat telah mencapai titik paling rendah karena berupaya mengaitkan dirinya dengan pandangan kontroversial tentang pemerkosaan yang baru-baru ini disuarakan oleh koleganya sesama politisi Partai Republik.

Sebelumnya politisi Republik Todd Akin mengatakan dalam sebuah wawancara televisi dua pekan lalu bahwa perempuan memiliki pertahanan biologis untuk mencegah kehamilan dalam kasus "pemerkosaan yang dilegitimasi" sehingga tidak perlu melakukan aborsi.

Komentar ini mengundang perdebatan publik AS bahkan sebagian kalangan di tubuh Partai Republik menuntut politisi itu mundur dari jabatannya. Romney sendiri tidak setuju dengan pendapat Atkin tentang persoalan tersebut.

Sementara tim kampanye Obama dalam sejumlah kesempatan menuding Romney telah mengambil posisi ekstrem dalam sejumlah isu sosial.

Romney kemudian mengatakan apa yang coba dikembangkan oleh tim kampanye Obama sebagai sesuatu yang dapat menimbulkan kemarahan dan perpecahan.

"Saya bisa katakan itu merupakan kampanye yang mengandung kemarahan dan perpecahan," kara Romney yang merujuk pada wawancara kampanye Obama dengan stasiun TV Fox News pada hari Minggu (26/8/2012) lalu.

"Itu adalah salah satu upaya untuk melakukan perpecahan yang saya pikir rakyat Amerika sudah bisa mengetahuinya dan saya pikir itu merupakan salah satu alasan kenapa kampanyenya tidak mendapatkan reaksi yang mereka harapkan meskipun sudah menghabiskan banyak biaya dibanding kami."

Dalam sebuah wawancara pada pekan lalu dia juga sudah menyampaikan ketidaksetujuannya dengan ucapan Atkin dengan mengatakan ucapan Atkin telah menyakiti partai kami dan saya pikir itu telah menyakiti para perempuan."

Sementara itu Partai Republik terpaksa menunda pembukaan konvensi Partai Republik di Tampa, Florida, karena ancaman badai tropis Isaac.

Konvensi yang agenda utamanya akan mengukuhkan Mitt Romney sebagai kandidat presiden partai konservatif itu diundur hingga Selasa (28/8/2012) esok.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan