Jumaat, 20 Julai 2012

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


100 lebih diungsikan setelah ancaman bom di Trondheim

Posted: 20 Jul 2012 09:18 PM PDT

Oslo (ANTARA News) - Lebih dari 100 orang diungsikan, Jumat (20/7), dari satu museum seni di Trondheim, kota pantai di Norwegia tengah, setelah seorang pria yang tak dikenal mengaku ia membawa bom di tasnya.

Pria tersebut, yang telah ditangkap, memasuki museum itu dan menaruh satu tas yang ia katakan berisi bom, demikian laporan kantor berita Norwegia, NTB, di dalam berita dari Trondheim, sekitar 400 kilometer di sebelah barat-laut Oslo.

Antara 100 dan 150 orang telah berkumpul di dalam museum tersebut untuk menghadiri upacara pembukaan pameran yang menandai ulang tahun pertama pemboman dan penembakan yang menewaskan 77 orang Juli lalu.

Satu tim penjinak bom sedang dalam perjalanan ke Trondheim untuk menyelidiki kasus itu, demikian laporan Xinhua, Sabtu.

Pada 22 Juli 2011, Anders Bering Breivik membunuh 77 orang, ketika ia membom pusat kota Oslo dan selanjutnya melakukan penembakan secara membabi-buta di Utoeya, satu pulau yang berada sekitar 40 kilometer di sebelah barat Oslo.

Pengadilan Wilayah Oslo telah menyelesaikan proses pemeriksaan kasus 22 Juli tersebut dan berencana menyampaikan putusan pada 24 Agustus.

(C003)

Tiga lagi jenderal Suriah membelot ke Turki

Posted: 20 Jul 2012 08:21 PM PDT

Cilvegozu (ANTARA News) - Tiga lagi jenderal Suriah menyeberang ke Turki, sehingga menjadikan 24 jumlah jenderal yang telah melarikan diri dari kerusuhan di negara itu, kata seorang diplomat kementerian luar negeri kepada AFP Jumat.

"Sepuluh petugas termasuk satu jenderal melarikan diri ke Turki semalam (Kamis malam)," kata diplomat itu, yang berbicara tanpa menyebut nama.

Selain itu, "dua brigadir jenderal juga menyeberang pada Jumat," tambahnya.

Turki telah memberikan perlindungan kepada puluhan pembelot yang sudah membentuk Tentara Pembebasan Suriah dalam penentangannya terhadap rezim Presiden Bahsar al-Assad.

Turki telah memberikan perlindungan kepada lebih dari 43.000 pengungsi Suriah yang melarikan diri dari kekerasan dan telah ditampung di kamp-kamp dekat perbatasan.

kamp-kamp itu juga tempat tinggal pasukan pemberontak yang terdiri atas para pembelot militer.

(H-AK) 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan