Ahad, 3 Jun 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Simpatisan NasDem Peringati Harlah Pancasila di Monas

Posted: 03 Jun 2012 01:24 AM PDT

JAKARTA - Apel Garda Nasdem memperingati Hari Lahirnya Pancasila, yang diselenggarakan di Lapangan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, dihadiri puluhan ribu simpatisan. Para simpatisan ini datang dari berbagai wilayah di Jabodetabek.

Pantauan Okezone, Minggu (3/6/2012), acara yang dimulai sekitar pukul 15.00 WIB ini, dihadiri Ketua Dewan Pembina NasDem, Surya Paloh, Ketua Dewan Pakar NasDem, Hary Tanoesoedibjo, mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Acara yang dilakukan dalam memperingati Hari Lahirnya Pancasila ini, dibuka dengan tarian kolosal, dan persiapan pasukan Pasukan Reaksi Cepat NasDem.

Dalam acara ini, juga dilakukan upcara yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pembina NasDem, Surya Paloh.

(crl)

ELSAM Kecewa dengan Penegakan HAM di Indonesia

Posted: 03 Jun 2012 12:18 AM PDT

JAKARTA - Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) menilai upaya penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia, macet alias jalan di tempat. Selama periode Januari-April 2012, upaya-upaya perlindungan HAM terus menurun.
 
Belum terdapat perkembangan berarti dalam upaya penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu.
 
"ELSAM mencatat empat bulan pertama di 2012 sudah terlihat buruk, diprediksikan  empat bulan ke depan akan semakin buruk. Semestinya tidak ada alasan lagi presiden  untuk melempar penanganan kasus ke Kepolisian, sedangkan kepolisian mempunyai rapor merah. Komnas HAM harus secepatnya menyelesaikan penyelidikan" ujar Direktur Eksekutif ELSAM, Indriaswati D. Saptaningrum, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (02/06/12).
 
Situasi ini, menurut dia, mengindikasikan bahwa penegakan HAM belum menjadi prioritas kerja pemerintah.
 
Berdasarkan fakta ini, untuk memperkuat perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan hak asasi manusia, ELSAM merekomendasikan pemerintah menyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM. Seperti pratik penyiksaan terhadap tahanan, jaminan hak atas kebebasan beragama atau berkeyakinan, konflik agraria, dan kasus-kasus pelanggaran HAM di Papua.
 
Dari beberapa kasus yang dicatat ELSAM, masih terlihat negara masih belum memperbaiki penyelesaian terhadap pelanggaran HAM yang terjadi. Diperkirakan sepanjang 2012 kondisi pelanggaran HAM akan semakin memburuk. Begitu pula dengan upaya penyelesaian dan perlindungan.

(ful)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan