Selasa, 1 Mei 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Kiat Pertahankan Berat Badan Ideal

Posted: 01 May 2012 01:19 AM PDT

Selasa, 1 Mei 2012 15:19 wib
SINDO

MEMILIKI berat badan ideal bukan sekadar menunjang penampilan. Selain demi kesehatan, berat badan ideal sangat diidam-idamkan setiap orang.

 
Diet dengan cara melaparkan diri bukanlah solusi tepat untuk mendapatkan berat badan ideal. Terdapat beberapa cara cerdas dan tidak menyiksa yang dapat lebih efektif dalam keberhasilan diet.
 
Berikut beberapa tip yang dapat Anda terapkan dalam mempertahankan berat badan agar senantiasa seimbang dan ideal:
 
- Gunakan Piring Kecil
 
Studi yang dilakukan Universitas Cornell menyebutkan bahwa semakin besar piring yang digunakan, semakin banyak juga porsi makanan yang kita ambil. Sebaliknya piring kecil memberi peringatan bertahap pada tubuh sehingga kita bisa berhenti makan sebelum kenyang.
 
- Gunakan Sendok/Garpu yang Lebih Besar
 
Konsumen yang makan menggunakan garpu kecil cenderung makan lebih banyak ketimbang mereka yang menggunakan garpu besar.
 
- Pilih Teman Makan
 
Teman makan memberi pengaruh yang besar terhadap porsi makan. Teman yang terlalu kurus bisa menimbulkan perasaan ingin mengurangi porsi makanan, sementara lainnya tidak peduli.
 
- Baca Label
 
Selalu baca label nutrisi yang tertera pada kemasan produk makanan. Dengan mengetahui kadar nutrisi, kita secara otomatis bisa mengatur asupan ke dalam tubuh.
 
- Minum Segelas Air Sebelum Makan
 
Penelitian yang dilakukan terhadap 48 relawan dengan kisaran usia 55-75 tahun yang tengah melakukan diet rendah kalori menunjukkan bahwa mereka yang meminum dua gelas air sebelum makan, rata-rata sukses menurunkan berat badan 4,5 kilogram lebih banyak daripada mereka yang tidak.
 
- Hindari Lampu Saat Tidur
 
Ini juga termasuk sinar terang dari televisi dan layar komputer. Sebuah penelitian yang mempelajari efek sinar terhadap kesehatan, menunjukkan mereka yang tidur dengan lampu menyala cenderung mengalami peningkatan berat badan lebih cepat.
 
- Konsumsi Camilan Sehat
 
Konsumsilah "camilan sehat" seperti buah dan sayur. Brian Wansink, penulis "Mindess Eating", mengemukakan bahwa tanpa adanya camilan dalam jarak pandang bisa mengurangi keinginan mengemil di antara waktu makan.
(tty)

Sakit Kepala Pesawat Intai Kaum Pria

Posted: 01 May 2012 01:19 AM PDT

PESAWAT terlambat datang, antrean panjang, bagasi hilang adalah sederet hal yang dapat membuat kepala sakit saat penerbangan. Namun, para peneliti menemukan jenis penyakit lain yang muncul dari perjalanan udara yang disebut "sakit kepala pesawat".

Dalam sebuah makalah yang dipublikasikan secara online oleh jurnal Cephalalgia, ahli saraf Italia menjelaskan tentang "sakit kepala pesawat". Seperti namanya, sakit kepala ini terjadi saat berada dalam pesawat dan berlangsung kurang dari 30 menit. Lewat riset, sang peneliti menemukan bahwa sebagian besar penyakit ini diderita oleh penumpang pria, dan biasanya bertambah parah saat pesawat akan mendarat.

Rasa sakit kepala ini digambarkan sebagai sangat parah seperti nyeri menusuk, dimulai pada satu sisi kepala, terutama dahi, lalu menjalar ke sisi berikutnya. Saat pesawat kembali menyentuh tanah, sakit kepala ini biasanya langsung hilang.

"Sakit kepala ini terjadi karena ketidakseimbangan antara tekanan udara dalam kabin atau penderita mengalami sinus," tutur Dr Federico Manardi, seperti dikutip dari MSNBC, Selasa (1/5/2012).

Dari penelitian ini ditemukan, "sakit kepala pesawat" juga disebabkan penumpang kurang tidur, stres, atau mengalami kaku leher karena duduk dalam penerbangan panjang. Untuk menghindarinya, selalu gunakan bantal leher atau apapun yang dapat membuat nyaman selama perjalanan.

(ftr)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan