Jumaat, 9 Mac 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Seekor Rubah Rampok Seorang Pria Inggris

Posted: 09 Mar 2012 05:05 AM PST

[unable to retrieve full-text content]Jika umumnya aksi perampokan melibatkan pria bersenjata. Maka hal berbeda dialami oleh seorang pria asal Kent, Inggris. Pria itu mengaku dirinya dirampok oleh seekor rubah yang kelaparan.

Afghanistan Desak AS Serahkan Penjara Bagram

Posted: 09 Mar 2012 04:06 AM PST

KABUL - Amerika Serikat (AS) dan Afghanistan dikabarkan akan segera menandatangani sebuah kesepakatan terkait dengan transfer fasilitas.

"Ada harapan bahwa kedua belah pihak akan menandatangani sebuah nota kesepahaman untuk melakukan transfer fasilitas AS kepada Pemerintah Afghanistan," ujar seorang pejabat Barat seperti dikutip AFP Jumat, (9/3/2012).

Pengalihan kontrol dari AS ke Afghanistan terhadap Penjara Bagram atau yang biasa disebut dengan Guantanamo-nya Afghanistan itu, menjadi salah satu fokus pembicaraan antar kedua negara.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai sendiri telah mendesak agar transfer terhadap Penjara Bagram dapat segera dilakukan, sebelum kedua negara menandatangani kesepakatan jangka panjang yang mengatur hubungan AS-Afghanistan. Hal ini khususnya setelah penarikan mundur pasukan North Atlantic Treaty Organization (NATO) dari Afghanistan akhir 2014 mendatang.

Penjara Bagram selama ini dikenal menjadi pangkalan militer bagi pasukan AS di Utara Afghanistan. Di penjara ini pula ditahan sejumlah pemberontak yang berusaha menggulingkan Pemerintahan Presiden Hamid Karzai.

Selain itu Penjara Bagram juga menjadi pusat perhatian belakangan ini. Menyusul terungkapnya tindakan pembuangan dan pembakaran Alquran yang dilakukan oleh pasukan NATO di penjara ini.

Pada awal Januari 2012, Presiden Karzai telah memberikan tenggat waktu bagi AS untuk melakukan transfer kekuasaan atas Penjara Bagram. Namun satu bulan hampir berlalu AS belum kunjung menyetujui proses pengalihan fasilitas tersebut.(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan