Rabu, 7 Mac 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Bumi hadapi badai antariksa terbesar dalam lima tahun

Posted: 07 Mar 2012 07:37 PM PST

Washington (ANTARA News) - Dua ledakan yang menghasilkan cahaya terang di permukaan Matahari memicu badai geomagnetik dan radiasi terbesar yang pernah dihadapi bumi dalam lima tahun, kata beberapa ahli cuaca antariksa.

Badai yang diperkirakan sampai ke Bumi Kamis pagi waktu AS dan berlangsung sampai Jumat tersebut sudah memaksa beberapa perusahaan penerbangan mengubah jalur mereka di sekitar wilayah kutub.

Badai itu juga dapat mengganggu pasokan listrik, Global Positioning System (GPS), satelit dan barang-barang elektronik paling berharga di bumi.
 
Peristiwa tersebut mungkin juga akan memberikan pemandangan aurora borealis atau cahaya utara bagi orang di beberapa bagian Asia Tengah yang memandangi langit pada Kamis malam.

"Cuaca antariksa telah menjadi sangat menarik selama 24 jam belakangan," kata Joseph Kunches, ilmuwan cuaca antariksa di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), seperti dikutip Kantor Berita AFP pada Rabu (7/3).

Kehebohan itu berawal Ahad larut malam di satu wilayah aktif matahari yang dikenal sebagai 1429.

Di wilayah aktif itu ada letupan api atau suar surya besar yang berkaitan dengan semburan plasma dan angin matahari yang dikenal sebagai penyemburan massa korona (Coronal Mass Ejection/CME) yang meluncur ke arah Bumi dengan kecepatan empat juta mil (6.4 juta kilometer) per jam.

Suar surya lain dan CME terjadi pada pukul 00:24 GMT (07:24 WIB) pada 7 Maret, memicu badai radiasi kuat geomagnetik dan matahari, keduanya pada tingkat tiga dalam skala lima tingkat.

Badan Antariksa dan Penerbangan Nasional AS (NASA) menyatakan letupan kedua merupakan salah satu yang terbesar dalam lingkaran yang dikenal sebagai solar minimum, yang mulai terjadi pada awal 2007, dan cuma berada sedikit di belakang peristiwa lebih kuat yang meletus pada Agustus.

"Peningkatan saat ini dalam jumlah letupan klas-X adalah bagian dari lingkaran normal 11 tahun matahari. Selama itu, kegiatan di matahari berubah jadi solar maximum, yang diperkirakan mencapai puncaknya pada penghujung 2013," kata badan antariksa AS tersebut.

Suar surya saja, menurut NOAA, bisa menyebabkan gangguan singkat pada frekuensi radio tinggi, yang sekarang sudah berlalu.

Badai itu tampaknya "yang paling kuat sejak Desember 2006", kata Kunches, tapi gangguan frekuensi radio yang lebih kuat terjadi Agustus lalu.

Satelit, jaringan listrik dan bahkan astronot di Stasiun Antariksa Internasional bisa terpengaruh oleh badai radiasi tersebut, yang mungkin membuat mereka harus mencari tempat berlindung yang lebih aman di laboratorium yang mengorbit seperti pada masa lalu.

Beberapa ahli lebih memberikan perhatian dampaknya terhadap satelit dan GPS karena sekarang dunia lebih banyak bergantung pada kedua teknologi itu dibanding saat kejadian terakhir.

Badai antariksa bukan sesuatu yang baru. suar surya besar dicatat oleh ahli astronomi Inggris Richard Carrington tahun 1859.

Suar surya sangat besar tahun 1972 memutuskan komunikasi telepon jarak jauh di Illinois, kata NASA.

Menurut NASA, letupan api serupa terjadi tahun 1989, "membangkitkan badai geomagnetik yang mengganggu transmisi pembangkit listrik" dan memadamkan listrik wilayah Quebec, Kanada.(C003)

Editor: Maryati

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

iPad terbaru hadir di 25 negara akhir Maret

Posted: 07 Mar 2012 07:24 PM PST

iPad terbaru, generasi ketiga. (Apple)

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Apple, dalam acara peluncuran di San Francisco Rabu siang atau Kamis dinihari WIB, mengatakan bahwa iPad generasi ketiga akan mulai tersedia di pasar AS 16 Maret, dan di 25 negara lainnya menyusul seminggu kemudian.

iPad terbaru itu memiliki sejumlah fitur yang telah ditingkatkan termasuk teknologi 4G alias LTE, layar resolusi tinggi, dan berprosesor quad-core.

Dalam sebuah acara di Yerba Buena Center for Arts di San Francisco--sebagaimana sudah diperkirakan oleh banyak kalangan sebelumnya--CEO Apple Tim Cook dan sejumlah eksekutif lainnya mengumumkan gadget baru itu.

Bukan cuma iPad, Apple juga mempersembahkan dua lainnya yaitu aplikasi universal iPhoto dan Apple TV set-top box baru.

Bintang acara itu, bagaimanapun adalah iPad terbaru, yang belum "dibaptis" nama resminya dan para eksekutif Apple secara bergantian menyebutnya sebagai iPad generasi ketiga atau iPad terbaru.

"Ketika kami memulai untuk membuat iPad, kami berangkat untuk membuat sebuah kategori baru, perangkat terbaik untuk melakukan hal-hal yang sering anda lakukan, seperti browsing web dan cek email. Itu satu perintah penting, tetapi pengguna iPad memberitahu kami dan itulah yang kami lakukan," kata Tim Cook dikutip Mercury News.

Wakil presiden senior worldwide marketing Apple, Phil Schiller, menguraikan mengenai upgrade komponen iPad terbaru, mulai dari retina display yang dikenalkan pertama kali pada iPhone 4.

Layar beresolusi 2038x1536 pixel, menyajikan lebih dari 3,1 juta pixel, paling tinggi dalam sejarah.

Otak di dalam iPad baru itu adalah sebuah microchip A5X dengan grafis quad-core, dan Schiller menekankan produk-produk lain pesaingnya menggunakan 1X.

"Ini adalah sebuah pembangkit-daya grafis," kata Schiller.

Kemampuan kamera juga telah ditingkatkan dengan sensor yang lebih baik, dengan iluminasi backside dan berkemampuan merekam video high-definition. Kamera barunya "memberikan detil yang luar biasa, tajam, dan deteksi wajah otomatis."

Fitur baru lainnya ialah voice dictation, namun tidak menyertakan aplikasi Siri yang telah dipopulerkan oleh iPhone terbaru model 4S.

Terakhir, kemampuan koneksi jaringan mobile terbaru yang dikenal dengan long-term evolution atau LTE. "Perangkat juga bisa berfungsi sebagai sebuah hotspot mobile 4G," kata Schiller.

Harga iPad terbaru akan dipasarkan mulai harga 499 dolar hingga 829 dolar untuk versi tertinggi (highest-end), sementara harga iPad 2 akan turun dari yang berharga 499 dolar menjadi 399 dolar.

iPad terbaru akan tersedia di pasar AS mulai 16 Maret, dan di 25 negara lainnya akan menyusul seminggu kemudian, dan Schiller mengklaim ini merupakan peluncuran tercepat dari yang pernah dilakukan Apple.

Sementara Apple TV set-top box, yang sudah mendukung video HD 1080pixel dan pencarian konten lebih mudah, akan dipasarkan dengan harga 99 dolar dan akan tersedia mulai minggu depan.

Aplikasi universal iPhoto, yang diklaim berkemampuan browsing cerdas, editing multitouch, dan efek berkualias profesional, akan jual Apple dengan harga 4,99 dolar.

(*)

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan