Isnin, 13 Februari 2012

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Syarat Produk Fesyen Indonesia Bisa Unggul

Posted: 13 Feb 2012 05:12 AM PST

UNTUK menjadikan produk lokal lebih unggul dibandingkan luar negeri ternyata tidak sulit. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menyarankan dengan memperkuat nilai keunikan dari produk Tanah Air.


Menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat mode dunia adalah cita-cita pencapaian dari pemberdayaan industri kreatif fesyen. Merupakan suatu pekerjaan yang tidak mudah untuk berhadapan dengan negara-negara mode lainnya.
 
"Kita (Indonesia) dapat mencapainya karena mempunyai sumber daya, baik sumber daya manusia kreatifnya, pasar dalam negeri yang besar, dan kekayaan maupun warisan budaya yang beraneka ragam," tutur Sapta Nirwandar saat konferensi pers mengenai IFW di Gedung Kementerian Perindustrian, Ruang Cendrawasih, Jakarta, Senin (13/2/2012).
 
Tingkat daya beli masyarakat Indonesia terhadap produk fesyen meningkat, terutama pada masyarakat kelas menengah. Hal tersebut dapat dikembangkan ke arah penguatan industri fesyen ke depan.
 
"Dengan daya beli tersebut, kita dapat menggunakan hal ini menjadi education bagi masyarakat mengenai produk lokal dapat sekelas dengan produk international," sambungnya.
 
Oleh karena itu, untuk menjadi trendsetter tidaklah mudah dan bukan sesuatu yang mustahil pula. Jika Indonesia mampu mengangkat keunikannya, maka sudah dapat dipastikan kelak Indonesia menjadi sumber inspirasi bagi dunia mode di seluruh dunia.
 
"Kita juga bisa menjadi tren bagi dunia, mengapa tidak?" tutupnya.
(tty)

Produk Lokal Bersaing dengan Luar Negeri

Posted: 13 Feb 2012 04:55 AM PST

SIAPA bilang merek Indonesia kalah dengan produk luar negeri? Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengakui Indonesia mempunyai keunggulan dan mengharapkan masyarakat Indonesia bangga menggunakan produk lokal.

 
Gita Wiryawan meyakini bahwa Indonesia sudah memiliki kekuatan ekonomi yang sudah menjadi kiblat dalam dunia fesyen.
 
"Agar Indonesia masuk ke dalam radar dunia, dari segi perekonomian Indonesia sudah memiliki kekuatan ekonomi yang bisa meraih itu semua," jelas Gita dalam konferensi pers IFW 2012 di Gedung Kementerian Perindustrian, Ruang Cendrawasih, Jakarta, Senin (13/2/2012).
 
Mendag menambahkan, bahwa Indonesia sudah masuk ke dalam komunitas bergengsi termaju dalam dunia perdagangan, meskipun dalam branding Indonesia masih kalah dengan Tiongkok dan India.
 
"Dengan hal tersebut, Indonesia dapat menjadi kiblat untuk dunia fesyen karena di dalam kancah perdagangan kita sudah maju," sambungnya.
 
Indonesia harus menunjukkan kepada dunia bahwa produk fesyen Indonesia berkualitas dengan desain beraneka ragam yang bersumber pada kearifan lokal dan budaya yang tinggi.
 
"Bertitik tolak dari keunggulan tersebut, kita sebagai bangsa Indonesia sudah sewajarnya bangga, mencintai, serta menggunakan produk fesyen Indonesia, serta bangga untuk membelinya," tutupnya.
(tty)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan