Selasa, 21 Februari 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Daftar Kekayaan Presiden Amerika (2)

Posted: 21 Feb 2012 05:05 AM PST

WASHINGTON - Isu kekayaan dari Presiden Amerika Serikat (AS) menjadi perhatian banyak publik. Dalam upaya menempuh posisi tertinggi di Negeri Paman Sam, memerlukan ongkos politik yang cukup besar.


Beberapa dari Presiden AS ternyata memang berasal dari keluarga kaya. Kekayaan pun ada yang bertambah saat dirinya menjabat sebagai presiden dari negara yang menguasai percaturan politik dunia.


Sebelumnya sudah disebutkan lima Presiden AS terkaya yang dikeluarkan oleh Yahoofinance, Selasa (21/2/2012). Berikut ini adalah lanjutan dari daftar Presiden AS terkaya:


6. Lyndon Baines Johnson

Presiden ke-36 AS ini pernah merasakan susah, saat ayahnya kehilangan seluruh uang keluarganya di waktu dirinya kecil. Seiring waktu, Presiden yang berkuasa pada 1963 hingga 1969 ini memiliki lahan seluas 1.500 hektare di Blanco County, Texas.

Selain itu, bersama sang istri, Johnson memiliki stasiun televisi dan radio dan saham di beberapa perusahaan serta pesawat pribadi. Kekayaan diperkirakan mencapai USD98 juta (Rp9.040 per USD) atau sekira Rp885,9 miliar.


7. Herbert Clark Hoover

Presiden Hoover memiliki jumlah kekayaan mencapai USD75 juta atau sekira Rp678 miliar. Sebagai anak yatim piatu, Hoover dibesarkan oleh pamannya yang berprofesi sebagai dokter. Dirinya mengeruk kekayaan, sebagai eksekutif di perusahaan tambang. 


Gajinya pun dianggap terbesar selama 17 tahun dan memiliki beberapa saham di perusahaan tambang. Presiden yang memerintah pada 1929 hingga 1933 ini menyumbangkan gajinya sebagai presiden kepada lembaga amal.

8. Franklin Delano Roosevelt (FDR) 

Diperkirakan kekayaan yang dimiliki FDR selama menjadi Presiden ke-32 AS ini mencapai USD60 juta atau sekira Rp542,4 miliar. Presiden yang memimpin AS selama depresi keuangan ini memiliki lahan seluas 800 ha di Springwood dan di Georgia, Maine dan New York. 

9. William Jefferson Clinton (Bill Clinton)

Tidak seperti Presiden AS lainnya, Clinton tidak diwarisi kekayaan dari orangtuanya. Dirinya pun hanya mendapatkan sedikit uang selama mengabdi kepada masyarakat. Setelah selesai memerintah AS sejak 1993 hingga 2001, Presiden ke-42 AS memiliki pendapatan lebih sebagai penulis dan pembicara. Kekayaannya ditaksir mencapai USD38 juta atau sekira Rp343,5 miliar.

10. John Fitzgerald Kennedy

Presiden Kennedy tidak pernah diwarisi kekayaan ayahnya Joseph Kennedy yang dianggap salah satu orang terkaya pada masanya. Memerintah pada tahun 1961 hingga 1963, Presiden ke-35 AS ini memiliki jumlah kekayaan yang ditaksir mencapai USD1 miliar atau sekira Rp9 triliun. 


Mungkin heran mengapa Kennedy berada pada posisi 10, padahal kekayaannya ditaksir mencapai Rp9 triliun. Ini disebabkan nilai dolar pada 1963 jauh lebih kecil dibandingkan pada 1789-1797 atau di masa George Washington berkuasa. (Tamat)

(faj)

Serangan Pasukan Suriah Tewaskan 17 Warga

Posted: 21 Feb 2012 04:05 AM PST

DAMASKUS - Setidaknya 17 orang dilaporkan tewas dan 340 orang lainnya dilaporkan terluka, setelah pasukan Suriah melepaskan tembakan artileri ke sebuah distrik yang dikuasai oleh para pemberontak di Kota Homs.

Serangan itu terjadi di tengah upaya negosiasi yang dilakukan Komite Palang Merah Internasional untuk menghentikan pertempuran agar mereka dapat mengobati korban sipil yang terluka akibat pertempuran yang terjadi selama 18 hari di Kota Homs.

"Pasukan pemerintah melancarkan serangan artileri setelah para pemberontak berhasil merebut dan memblokir pintu masuk wilayah Baba Amro. Sejumlah orang dilaporkan terluka beberapa menit kemudian," ujar Aktivis Nader al-Husseini seperti dikutip Reuters Selasa, (21/2/2012).

Sementara itu di Damaskus, pasukan pemerintah dilaporkan terus menembaki para demonstran setiap malam, setidaknya empat dari para aktivis itu dikabarkan terluka.

Menurut organisasi kemanusiaan yang berbasis di London, setidaknya 250 terluka setelah roket menghantam wilayah Baba Amro sejak pagi hari diikuti dengan pengintaian dari udara yang dilakukan oleh pasukan Suriah.

Tindak kekerasan yang dilakukan pasukan pemerintah ini terjadi di tengah upaya internasional untuk mencari solusi guna menghentikan kekerasan di Suriah. Sejumlah negara yang tergabung dalam apa yang disebut sebagai Sahabat Suriah akan berkumpul di Tunisia akhir pekan ini untuk menekan Presiden Bashar al-Assad agar segera mengundurkan diri dari jabatannya.

Rusia yang selama ini dikenal sebagai sekutu Suriah sudah menegaskan tidak akan menghadiri pertemuan tersebut, karena tidak adanya perwakilan resmi dari pemerintah Suriah yang dilibatkan dalam pertemuan itu. Rusia mengatakan, mereka lebih memilih untuk mendesak Dewan Keamanan PBB agar mengirimkan utusan khusus kemanusiaan ke Suriah.(rhs)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan