Rabu, 1 Februari 2012

Republika Online

Republika Online


10 Hal yang Bikin Senyum Anda Hilang, Apa Saja? (2)

Posted: 01 Feb 2012 08:53 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Senyum adalah satu aset berharga semua orang. Tentu saja, siapa pun ingin senyumnya terlihat manis. Namun, ada saja hal-hal yang bikin kita kehilangan senyum termanis. Mau tahu? Yuk, simak...

Minuman panas

 Kebiasaan minum minuman panas juga bisa memicu gigi ngilu. Teh hitam dan kopi mengandung zat yang dapat merusak email gigi sehingga dapat merusak permukaannya. Sebaiknya, minum minuman dalam panas yang sedang, minum air putih lebih banyak, atau tambahkan susu dalam teh atau kopi agar dapat menetralisir asam yang ada.

Penuaan

 Ketika umur bertambah, peluang untuk munculnya kerusakan gigi lebih besar karena menurunnya fungsi gusi. Namun, tak ada alasan untuk tidak menjaga gigi. Gunakan pelindung mengandung fluoride adalah kuncinya. Jika mengalami gangguan, ada produk yang dapat membuat proses menyikat gigi dan membersihkan dengan benang tidak lagi menyakitkan.

Menyikat gigi terlalu sering

Mungkin saja Anda terbiasa menyikat gigi setelah makan. Ternyata, ini bukan cara yang tepat. Sebaiknya, sikatlah gigi setelah menyantap atua meminum zat yang mengandung asam tinggi seperti kopi, minuman bersoda, atau jus asam. Kumurlah dulu untuk menetralisir asam dan tunggu dulu selama satu jam sebelum menggosok gigi. Langsung menggosok gigi setelah meminum minuman asam dapat menyebabkan erosi gigi.

Minuman ringan

Minuman ringan dalam kemasan biasanya mengandung gula yang sangat gigi. Akibatnya, gigi pun terancam mengalami kerusakan gigi dan infeksi gusi. Disarankan, jika ingin minum minuman bersoda, gunakan sedotan dan berkumur atau mengunyah permen karet.

Minuman asam

Meski lemon, anggur, dan jus jeruk tidak langsung menyebabkan kerusakan, seperti halnya minuman ringan, tetap saja minuman itu mengandung asam. Inilah yang menyebabkan erosi email gigi, melemahkan gigi, dan bisa memicu kerusakan. Gosok gigi, kumur, atau mengunyah permen karet bebas gula.

Full content generated by Get Full RSS.

10 Hal yang Bikin Senyum Anda Hilang, Apa Saja? (1)

Posted: 01 Feb 2012 08:37 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Senyum adalah satu aset berharga semua orang. Tentu saja, siapa pun ingin senyumnya terlihat manis. Namun, ada saja hal-hal yang bikin kita kehilangan senyum termanis. Mau tahu? Yuk, simak...

Rokok

Merokok bisa menyebabkan gigi kuning. Bahkan, lebih dari itu. Merokok juga dapat merusak gigi dan gusi dengan berbagai cara. Belum lagi, merokok juga dapat menyebabkan kanker mulut, kanker paru, sampai tenggorokan, dan bisa berakhir pada kematian, Ini karena tar dari tembakau memicu adanya perubahan pada bagian gigi yang mengantarkan bakteri untuk memproduksi asam. Akibatnya, muncul racun yang menyebabkan masalah gusi, ngilu gigi, dan ada kemungkinan untuk tanggal.

Permen

Sebenarnya, permen tidak langsung merusak gigi. Adalah asam yang dihasilkan ketika mengonsumsi gula dan karbohidrat yang bikin rusak gigi.

Yang paling buruk adalah ada sisa gula yang tertinggal dan merusak gigi dan gusi. Sebaiknya, makan saja permen secukupnya, jangan berlebihan, sikat gigi dan bersihkan dengan benang gigi. Ini dapat membantu untuk mengurangi kerusakan.

Pubertas

Hormon yang muncul saat masa puber dapat menyebabkan gusi bengkak. Bahkan, lebih dari itu bisa juga memicu infeksi. Pastikan saja, rajin menggosok dan membersihkan gigi setiap hari. Jangan lupa ke dokter gigi.

Pil-pil pelangsing

Meski ini merupakan cara cepat untuk merampingkan tubuh, pil-pil pelangsing juga cepat menyebabkan masalah gusi dan kerusakan gigi.Pil-pil seperti ini memicu produksi air ludah yang bisa menyebabkan mulut kering dan membahayakan gigi dan gusi. Yang perlu diingat, diet seimbang dan berolahraga adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan membuat senyum tetap menawan.

Mulut kering

Kondisi ini memang bikin tidak nyaman. Kehadiran air ludah mampu menyingkirkan bakteri yang ada dan menetralisasi asam yang jahat. Tanpa air ludah, Anda akan mudah mengalami kerusakan gigi. Minum air putih, mengunyah permen karet bebas gula, atau menggosok gigi bisa memunculkan air ludah buatan. Bila masalah ini sering terjadi, jangan ragu datang ke dokter gigi.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan