Sabtu, 14 Januari 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Warga Jepang Lakukan Protes Anti-Nuklir

Posted: 14 Jan 2012 02:01 AM PST

TOKYO - Sekira dua ribu warga Jepang membanjiri jalanan Yokohama pada hari ini, mendesak Pemerintah Jepang agar menghentikan penggunaan energi nuklir seiring dengan adanya bencana maut 11 Maret 2011.

"Kami tidak membutuhkan energi nuklir, kembalikan rumah kami. Lindungilah anak-anak kami," ujar para demonstran, seperti dikutip AFP, Sabtu (14/1/2012).

Aksi protes besar-besaran itu diorganisir oleh beberapa aktivis lingkungan dan anti-nuklir di Jepang. Banyak warga Jepang dari Prefektur Fukushima juga hadir dalam demonstrasi itu.

Jepang sebelumnya berniat untuk menjadikan nuklir menjadi sumber utama sektor energinya pada 2030 mendatang demi mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan kemandirian Jepang dalam sektor energi, mengingat Negeri Sakura tersebut bukanlah negeri penghasil minyak.

Meski demikian, sentimen warga Jepang terhadap energi nuklir tampaknya meningkat pascaterjadinya tragedi bencana. Banyak warga Jepang yang sengsara dan putus asa setelah bencana alam pada Maret 2011 terjadi.

Selain menewaskan 21 warga, bencana maut itu membuat para peternak sapi bahkan tidak dapat menjual daging-daging yang diproduksinya karena dianggap sudah tercemar radiasi.

Hingga saat ini, wilayah Fukushima juga kerap dilanda gempa bumi, meskipun gempa bumi itu tidak sebesar, seperti apa yang terjadi pada Maret 2011.(AUL)

Full content generated by Get Full RSS.

Kedubes AS Rayakan Ultah Pusat Kebudayaan america

Posted: 14 Jan 2012 01:02 AM PST

JAKARTA - Pusat kebudayaan Amerika Serikat (AS), @america merayakan ulang tahunnya yang pertama pada hari ini. Perayaan ulang tahun @america dihadiri Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel dan dimeriahkan pula oleh Glenn Fredly.

Selain dihadiri oleh Dubes Marciel, perayaan ulang tahun @america juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Luar Negeri AS Dawn McCall serta pemenang penghargaan CNN Hero of the Year 2011, Robin Lim.

"Saya sangat tersentuh dengan kehadiran dari kawan-kawan dari Yayasan Bumi Sehat datang ke @america, selamat ulang tahun yang pertama @america," ujar Robin Lim di jejaring sosial twitternya, pada perayaan ulang tahun @america di Pasific Place Mall, Sabtu (14/1/2012).

Pusat kebudayaan @america adalah pusat kebudayaan berteknologi tinggi pertama di dunia. Pusat kebudayaan ini juga merupakan satu-satunya di dunia dan hanya ada di Indonesia. Beberapa hal yang menjadi alasan AS untuk memilih Indonesia sebagai tempat pusat budaya ini adalah karena Indonesia merupakan negara yang menerapkan demokrasi.

Selain itu Indonesia juga negara yang mayoritas penduduknya yang memeluk agama Islam, dan warga Indonesia juga merupakan konsumen dari jejaring sosial Facebook yang kerap menjadi sarana komunikasi dari @america.

Pada saat yang sama, Glenn Fredly juga mengatakan, @america akan menjadi tempat alternatif baru di tengah masyarakat urban Jakarta.(AUL)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan