Sabtu, 26 November 2011

Republika Online

Republika Online


Wanita yang Selalu Pingsan ketika Teleponnya Berdering

Posted: 26 Nov 2011 07:30 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL - Kebanyakan wanita menyukai kejutan. Tapi, hal itu tak berlaku untuk Caitlin Wallace. Wanita 26 tahun ini selalu pingsan jika mendengar atau melihat sesuatu yant mengejutkan. Ia bahkan bisa seketika 'ambruk' saat mendengar dering telepon.

Caitlin Wallace menderita cataplexy. Penyakit ini membuatnya kehilangan kontrol semua otot terutama di bagian lutut, ketika mendengar hal-hal mengejutkan. Ia bisa saja pingsan hingga 20 kali sehari.

Ketika pingsan, ia masih bisa mendengar pembicaraan orang lain. Namun, ia tidak bisa melihat dan memberikan respon gerakan tubuh.

"Saya bisa saja pingsan hanya karena ponsel saya berdering ketika sedang saya pegang," ujar wanita asal Liverpool ini.

Ia benar-benar sangat terganggu dengan hal ini. Tertawa, marah dan terkejut bisa seketika membuatnya terjatuh. Cataplexy membuatnya kehilangan kendali ketika ia terjatuh.

Semuanya berawal sekitar bulan Februari tahun lalu. Ia seolah seperti menderita kelumpuhan ringan. Ia sadar tapi tak bisa bergerak sama sekali untuk beberapa saat.

Setelah serangan itu, ia segera memeriksa ke unit gawat darurat. Ia ingin mengetahui apakah itu salah satu gejala stroke. Oleh dokter, ia disarankan untuk melakukan tes ke ahli saraf. Selanjutnya dia dirujuk ke klinik tidur di James Cook University Hospital di Middlesbrough. Penyakit yang dideritanya itu juga membuatnya merasakan rasa kantuk yang berlebihan di siang hari.

Kejutan Seperti Neraka
Suaminya, John (35), sudah maklum dengan hal ini. Ia tak lagi membuat kejutan dengan menyelipkan bunga atau coklat secara sembunyi-sembunyi.

"Kejutan bagi saya seperti hadiah dari neraka," ujar Caitlin. Jika hendak menceritakan sesuatu yang mungkin bisa mengejutkannya, John selalu meminta Caitlin untuk duduk agar tidak pingsan.

Keadaan ini membuatnya telah menyerahkan SIM dan pekerjaannya. Ia kini tak lagi mengemudi dan bekerja. Sebelumnya, ia bekerja sebagai resepsionis di klinik dokter gigi. 

"Aku terus pingsan dan sering tertidur di telepon. Ini menyebabkan banyak masalah," kata dia.

Dipicu Emosi
Melalui pengobatan bertahap, kondisi Caitlin mulai membaik. Ia kini telah memulai melakukan pekerjaan sosial dan berharap bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu tahun depan. Saat kondisinya sedang tidak baik, ia hanya menghabiskan waktu menonton televisi.

"Saya bosan sehingga ingin menjadi penulis. Sekarang aku memiliki hari-hari saya bebas untuk mencoba hal itu (menjadi penulis)," katanya.

Dr Paul Reading, konsultan ahli saraf di James Cook University Hospital, mengatakan orang yang menderita cataplexy disebabkan kurangnya bahan kimia dalam otak mereka yang mengatur tidur. "Tanpa zat itu, mereka tidak bisa tetap terjaga selama lebih dari beberapa jam atau lebih," ujar dia.

Hal ini dipicu oleh emosi yang kuat, terutama tertawa atau kejutan, seperti yang dialami Caitlin. Tapi, pemicunya kadang-kadang marah atau frustrasi. Paul juga memiliki pasien lain yang selalu pingsan setiap kali mencetak tembakan sempurna saat bermain golf.

Cataplexy dapat diobati dengan anti-depresan. Pengobatan ini bukan karena cataplexy sama dengan penderita depresi. Tapi, karena obat ini menciptakan keadaan kimia di otak yang menghambat cataplexy.

Full content generated by Get Full RSS.

Tips Sederhana agar Rumah Lebih Sehat

Posted: 26 Nov 2011 06:30 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Para ibu rumah tangga sebaiknya lebih memperhatikan hal-hal kecil agar rumah menjadi hunian yang nyaman dan sehat. Banyak sekali cara sederhana yang bisa dilakukan agar penghuni rumah merasa sehat.

Diawali dari diri sendiri, para wanita yang sering menggunakan make-up harus sering mencuci muka ketika masuk ke dalam rumah. Polusi atau debu yang menempel di kulit harus segera dibasuh dengan air.

Membersihkan wajah sebelum tidur sangat penting. Jika tidak, sisa zat kimia yang masih menempel bersama make-up mungkin akan 'menghabiskan' lapisan kulit anda dalam jangka panjang.

Agar rumah lebih sehat, jendela harus sering-sering dibuka. Membuka jendela membuat rumah mendapat suplai udara bersih dari luar. Tanpa disadari, semua perabotan rumah ternyata banyak sekali dilapisi dengan zat-zat kimia yang berbahaya. Cat-cat dinding dan lapisan bahan furnitur kemungkinan besar disemprot menggunakan bahan kimia. Sering membuka jendela itu penting sekali untuk mengganti udara di dalam rumah.

Para ibu juga harus sering-sering menjemur kasur. Keindahan dan kebersihan kamar tak hanya dilihat dari seprei yang sering diganti saja. Kasur yang ada saat ini umumnya mendapat tambahan zat untuk tahan api. Untuk meminimalisir zat itu tercium oleh anda, kasur harus sering-sering dijemur.

Jika anda sering bepergian jauh, sebaiknya jangan terburu-buru memasukkan mobil ke dalam garasi. Pasalnya, mesin mobil yang masih panas masih mengandung gas-gas beracun sisa pembakaran. Jika mobil segera masuk ke garasi, gas beracun itu kemungkinan masih akan mengepul dan berputar di garasi sehingga mengotori sirkulasi udara. Ini akan cukup membahayakan karena bisa membuat sesak nafas. Untuk membuang gas sisa pembakaran, sebaiknya anda memasukkan mobil dalam waktu satu atau dua jam setelah bepergian jauh.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan