Rabu, 12 Oktober 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Pejabat Tinggi Asean Lakukan Pertemuan

Posted: 12 Oct 2011 04:04 AM PDT

DENPASAR - Pertemuan para Pejabat Tingkat Tinggi dari ketiga pilar Asean (JPM), diselenggarakan di Bali hari ini. Pertemuan dilakukan dalam rangka untuk membahas persiapan untuk Pertemuan ke-9 Dewan Koordinasi Asean (ACC), yang akan diselenggarakan di Bali pada 16 November 2011 mendatang.


"Pertemuan akan memainkan peran penting dalam mengkoordinasikan inisiatif dan masukan dari Pejabat Tinggi Asean  (SOM), Pejabat Tinggi Ekonomi Asean  (SEOM) dan Pejabat Tinggi Sosial-Budaya Asean (SOCA) untuk mempersiapkan pertemuan Dewan Koordinasi Asean," jelas Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan pers kepada okezone, Rabu (12/10/2011).


Para Pejabat Tinggi dari SOM, SEOM dan SOCA Negara Anggota Asean hadir di JPM dalam rangka untuk memastikan kerja sama di beberapa pilar yang menjadi bahasan penting di pertemuan Asean. 


Beberapa pilar yang dibahas itu antara lain politik keamanan, ekonomi dan sosial-budaya Asean dapat berjalan secara koordinatif, sinergis dan harmonis.


Pertemuan juga akan membahas persiapan untuk KTT ke-19 Asean dan KTT Terkait lainnya, yang akan diadakan di Bali, 17 hingga 19 November 2011. Pembahasan juga termasuk persiapan dari KTT ke-6 Asia Timur dan KTT Asean +1.


KTT ke-19 Asean akan diikuti oleh seluruh anggota negara Asean. Pada pertemuan puncak dari KTT ini, juga akan dihadiri oleh kepala negara dari negara maju dalam wadah KTT Asia Timur. 


Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Presiden Rusia Dmitry Medvedev dipastikan hadir dalam KTT ini. Sementara Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-Moon juga telah memastikan kehadirannya dalam pertemuan puncak tersebut.

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Arab Saudi Kecam Upaya Pembunuhan Dubesnya

Posted: 12 Oct 2011 03:29 AM PDT

WASHINGTON - Pemerintah Arab Saudi mengecam keras plot pembunuhan yang ditujukan kepada duta besar mereka yang bertugas di Amerika Serikat (AS). Mereka menilai hal tersebut sebagai tindakan hina.


Pihak Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington mengatakan, plot pembunuhan tersebut telah melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan.


"Kerajaan Arab Saudi menilai plot pembunuhan tersebut sebuah tindakan hina yang melanggar norma-norma hubungan internasional. Plot ini juga melanggar standar serta konvensi hukum internasional yang tidak sesuai dengan prinsip kemanusiaan," pernyataan Kedutaan Arab Saudi di Washington seperti dikutip AFP, Rabu (12/10/2011).


Di saat bersamaan, Arab Saudi juga memberikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah AS yang berhasil mencegah terjadinya pembunuhan terhadap diplomat mereka.


"Kami amat menghargai upaya Pemerintah AS yang mencegah terjadinya tindakan kriminal," lanjut pernyataan tersebut.


Dua orang warga Iran didakwa oleh pihak berwenang AS, karena terbukti terlibat plot pembunuhan terhadap Dubes Adel Al-Jubeir. Dua orang itu diketahui bernama Manssor Arbabsiar yang memegang paspor AS dan Iran, serta Gholam Shakuri yang memegang paspor Iran.


Keduanya dituduh berkonspirasi mengatur rencana pembunuhan terhadap diplomat asing. Keduanya juga didakwa melakukan konspirasi dengan menggunakan senjata serta pelanggaran lainnya.


Sementara pihak Kementerian Luar Negeri Iran menolak mentah-mentah tuduhan AS tersebut. Mereka menilai, tuduhan tersebut sebagai sebuah skenario yang sengaja dibuat AS.


Presiden AS Barack Obama yakin plot pembunuhan ini sebagai sebuah bentuk pelanggaran mencolok atas hukum di AS dan dunia internasional. 

(faj) Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan