Jumaat, 2 September 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Pintu Tol Cikampek Mulai Dibuka untuk Arus Balik

Posted: 02 Sep 2011 08:12 AM PDT

Pintu Tol Cikampek Mulai Dibuka untuk Arus Balik

Siwi Nurbiajanti | Robert Adhi Ksp | Jumat, 2 September 2011 | 15:12 WIB

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Pintu tol Cikampek di Cikopo, Jawa Barat mulai dibuka untuk kendaraan arus balik dari pantura, Jumat (2/9/2011) sekitar pukul 15.00. Pembukaan masih bersifat uji coba, karena arus kendaraan dari pertigaan mutiara mulai ramai.

Dari delapan pintu di pintu tol Cikampek, tiga pintu dibuka untuk arus kendaraan arus balik, sedangkan lima pintu masih diperuntukkan bagi kendaraan dari arah Jakarta.

Kepala Pos Cikopo, Ajun Komisaris Besar Irman Sugema mengatakan, uji coba dilakukan untuk menghindari antrian di pintul tol Kalihurip, yang juga dijadikan sebagai pintu masuk bagi kendaraan arus balik. Hal itu karena arus di pertigaan mutiara mulai ramai.

Meskipun demikian, uji coba tersebut masih bersifat situasional. Diperkirakan Sabtu besok, jumlah pintu pada pintu masuk tol Cikampek yang diperuntukkan bagi kendaraan arus balik akan ditambah menjadi empat pintu. (WSI/WIE) 

Ciamis Dipadati Arus Balik Lebaran

Posted: 02 Sep 2011 08:03 AM PDT

Ciamis Dipadati Arus Balik Lebaran

Orin Basuki | Robert Adhi Ksp | Jumat, 2 September 2011 | 15:03 WIB

CIAMIS, KOMPAS.com - Jalan-jalan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang biasanya lengang kini dipadati arus balik dari arah Kota Banjar, Jawa Barat dan Pantai Pangandaran.

Kemacetan terjadi di satu arah antara kawasan Saripohaci atau sekitar Hotel Tiara, Ciamis hingga pasar Imbanagara Ciamis mengarah ke Barat Tasikmalaya, Garut, dan Bandung

Salah satunya Jalan Jenderal Sudirman, Ciamis yang merupakan jalan utama penghubung Jawa Barat dan Jawa Tengah dari arah Banjar menuju Tasikmalaya macet sekitar 5 kilometer.

Hasil pemantauan Kompas menunjukkan, kemacetan terjadi di satu arah antara kawasan Saripohaci atau sekitar Hotel Tiara, Ciamis hingga pasar Imbanagara Ciamis mengarah ke Barat (Tasikmalaya, Garut, dan Bandung), Jumat (2/9/2011).

Kemacetan membuat perjalanan yang biasanya bisa ditempuh 10 menit harus dilalui tidak kurang 45 menit. Ini terjadi karena kemacetan membuat kecepatan kendaraan tak bisa dipicu normal, bahkan cenderung tersendat. Antrian panjang kendaraan mamadati jalan di satu arah.

Sebagian besar mobil dan motor yang terjebak kemacetan bernomor polisi Jakarta dan sekitarnya. Beberapa diantaranya dipenuhi oleh tumpukan barang di bagian atas mobil dan diantara penumpang motor, khas kendaraan balik lebaran. 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan