Sabtu, 23 Julai 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Korsel Harapkan Kesepakatan Denuklirisasi Dijalankan

Posted: 23 Jul 2011 04:17 AM PDT

NUSA DUA - Korea Selatan mempertegas komitmennya bersama Korea Utara agar kesepakatan untuk pelucutan senjata nuklir (denuklirisasi) benar-benar bisa dijalankan bersama.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kim Sung-hwan menjelang penutupan Pertemuan Menteri Luar Negeri ke-44 di Nusa Dua Bali. Kim Sung menegaskan komitmen negaranya terhadap kesepakatan pelucutan senjata nuklir.

Ia mengaku senang, lantaran setelah pertemuan trilateral sukses digelar di Washington DC pada bulan Desember 2010, kini dilanjutkan di Bali. Seperti diketahui, pertemuan di Bali sangat penting karena dihadiri Menteri Luar Negeri Korea, menteri Luar Negeri Amerika Serikat dan Jepang.

Para menteri luar negeri ASEAN dan mitra dialognya itu bersama membahas cara-cara memperkuat kerjasama trilateral tentang berbagai permasalahan terkait nuklir di Korea Utara, arsitektur regional Asia dan isu global lainnya.

Kim Sung sangat menghargai kenyataan bahwa tiga negara berhasil mempertahankan kerjasama yang erat dan koordinasi yang baik dalam mengambil kebijakan tentang Korea Utara.

"Saya percaya kerjasama erat seperti itu pada akhirnya bisa mencairkan dialog antar dua Korea tentang denuklirisasi ," kata Kim Sung di Nusa Dua, Bali, Sabtu (23/7/2011).

Pihaknya berharap pertemuan hari ini yang merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya, bisa mempertegas kesepakatan yang telah terjalin. "Ini semua, untuk mempersiapkan langkah perdamaian dunia di masa depan," tegasnya lagi.

Lewat pertemuan hari ini, diharapkan pula bisa memberi kesempatan yang berarti guna menegaskan kembali posisi bersama dalam mempersiapkan langkah-langkah perdamaian di masa depan.

Dia juga meyakini, kerjasama trilateral yang terbangun selama ini, berdampak positif bagi penguatan perdamaian dan perkembangan di kawasan Asia Timur Laut.

"Saya senang karena Korea, Amerika Serikat dan Jepang selama ini telah bekerjasama untuk resolusi isu-isu global dan kemajuan multilateral seperti pertemuan ARF, APEC dan EAS," tegasnya lagi.

Korsel juga percaya, momentum lebih lanjut dari kerjasama antara ASEAN dan mitra dialog, bakal menciptakan masa depan yang lebih baik. Kerjasama trilateral tersebut, kata dia bakal berkontribusi terhadap penguatan kerjasama Korea Selatan dan Amerika Serikat.
 
Selain itu, juga akan memperkuat Kerjasama Korsel-Jepang kemitraan dan kerjasama Amerika Serikat-Jepang, serta bagi perdamaian dan perkembangan kawasan Asia Timur Laut.

Sebelumnya, pada Jumat lalu (22/7), utusan nuklir Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) bertemu setelah dua tahun lebih pembicaraan mengenai program nuklir Korut terhenti. Pertemuan ini berlansung di sela-sela pertemuan ASEAN Regional Forum (ARF) ke-18.
(abe)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Hillary Prihatin dan Kutuk Bom Oslo

Posted: 23 Jul 2011 03:55 AM PDT

NUSA DUA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mengutuk keras aksi bom di Oslo, Norwegia, sekaligus menyampaikan rasa prihatin dan turut berbela sungkawa mendalam atas insiden yang telah menewaskan 7 orang tersebut.

"Kami mengecam keras terjadinya bom di Oslo.  Dari lubuk hati yang paling dalam, kami sangat prihatin atas peristiwa itu," kata Hillary dengan mimik sedih dihadapan ratusan peserta Regional Entrepreneurship Summit di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Sabtu (23/7/2011)

Seperti diketahui kota Oslo diguncang bom hebat, pada Jumat lalu (22/7). Dunia dikejutkan dengan peristiwa itu sebab, selama ini negara kecil itu dikenal sebagai tempat yang tenang, jauh dari kekerasan dan rutin menggelar pemberian hadiah Nobel untuk Perdamaian Dunia.
 
Mantan Ibu Negara Negera Paman Sam itu mengatakan, bom di Oslo itu telah menelan banyak korban jiwa yang rata-rata masih berusia produktif dibawah 20 tahun, dimana pada usia itu semestinya bisa memberi kontribusi kepada negaranya.

"Kejadian ini jelas telah menghantam tatanan sosil dan perekonomian Norwegia. Peristiwa ini tentunya akan berdampak terhadap Norwegia ke depannya," tegasnya lagi dihadapan forum yang dihadiri Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan para pengusaha muda.
 
Hillary menambahkan, aksi peledakan bom yang tidak terduga sebelumnya itu, tentunya akan menjadi perhatian dan  keprihatinan dunia seperti dirasakan Amerika Serikat. 
 
Seperti diketahui, pada saat hampir bersamaan terjadi dua insiden penembakan dan ledakan bom di Oslo, Norwegia. Bom yang ditujukan ke kantor pemerintahan tersebut menewaskan 7 orang.

(abe)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan