Ahad, 9 Januari 2011

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


"Nyalakan Seni Tradisimu" Bidik Anak Muda

Posted: 09 Jan 2011 05:08 AM PST

Minggu, 9 Januari 2011 20:08 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 274 kali

Yogyakarta (ANTARA News) - Pentas kesenian tradisional bertajuk "Nyalakan Seni Tradisimu" yang merupakan salah satu rangkaian "Jogja Broadway" membidik anak muda dan mengajak mereka untuk mengenali seni tradisi yang ada di Indonesia.

"Pentas itu dimaksudkan agar kesenian tradisional atau seni tradisi lebih dicintai anak muda," kata Eksekutif Produser "Jogja Broadway", Kusworo Bayu Aji di sela pentas "Nyalakan Seni Tradisimu" di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu malam.

Menurut dia, kegiatan yang digelar khusus untuk anak muda itu menyajikan berbagai seni tradisi yang ada di Indonesia yang dihadirkan atau dikemas dengan kekiniannya tanpa mengurangi unsur tradisionalnya.

Dalam kegiatan itu disuguhkan pentas seni tradisi Jaran Thek Turonggo Sakti yang dibawakan Komunitas Hoe dari Singgahan Ponorogo, Topeng Indramayu oleh Sanggar Mulya Bhakti asal Tambi Jatibarang, dan Wayang Remaja Tembi oleh Komunitas Belajar dan Bermain Anak Tembi atau Kobbate asal Tembi Bantul.

"Kegiatan itu diprakarsai oleh Kampung Halaman yang didukung Ford Foundation yang merupakan program integrasi dan hasil penelitian tentang Revitalisasi Seni Tradisi dan Pertunjukan Lokal di Indonesia melalui Program Anak Muda dan Seni Tradisi sebagai sarana sosialisasi dan publikasi program," katanya.

Koordinator Program Anak Muda dan Seni Tradisi yang juga Direktur Kampung Halaman, Muhammad Zamzam Fuazanafi mengatakan, target utama kegiatan itu adalah anak muda.

Menurut dia, melalui kegiatan itu diharapkan upaya dan proses menempatkan anak muda sebagai objek revitalisasi seni tradisi dan mengenali seni tradisi melalui proses yang lebih partisipatoris dan menyenangkan dapat lebih dihayati oleh publik yang lebih luas.

"Kegiatan itu bukan upaya untuk memuja masa lalu dan menangisi tradisi, tetapi upaya menyimpan dan memercikkan semangat dari masa lalu dengan mengenali kondisi saat ini," katanya.(*)

(L.B015*H010/H008/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Ancol Gelar Pesta Kembang Api Terbesar

Posted: 09 Jan 2011 04:24 AM PST

Minggu, 9 Januari 2011 19:24 WIB | Hiburan | Seni/Teater/Budaya | Dibaca 419 kali

Jakarta (ANTARA News) - Untuk pertama kali Ancol Taman Impian bekerja sama dengan PT Firemaxx Bumame Indonesia menghadirkan pertunjukan kembang api yang diiringi musik (musical fireworks) spektakuler dan terbesar di Indonesia.

Pesta kembang api musikal berdurasi hampir setengah jam yang digelar di Le Bridge Beachpool Ancol Taman Impian dan mengusung tema "The Thrilling Spectacular Fireworks in Ancol Sky" pada Sabtu tersebut, demikian siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu.

Kegiatan itu sekaligus mengawali dimulainya rangkaian acara hiburan menarik yang disajikan kepada pengunjung selama 2011, kata Direktur Rekreasi PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) Winanrto.

Sebagai destinasi wisata di Indonesia, Ancol selalu berupaya menampilkan suasana terbaru, menarik dan spektakuler kepada para pengunjungnya.

"Upaya ini kami lakukan untuk menegaskan keberadan Ancol Taman Impian sebagai sebuah kawasan rekreasi pilihan yang bisa memberikan pengalaman baru yang menarik dan tak terlupakan bagi pengunjung dari seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

The Thrilling Spectacular Fireworks in Ancol Sky akan menjadi pertunjukan kembang api musikal yang terbesar di Indonesia saat ini, tambah Direktur Rekreasi PT PJA, perusahaan pengelola dan pengembang kawasan Ancol Taman Impian.

Ditegaskannya bahwa bila biasanya Pesta Kembang Api ditampilkan secara rutin di Dunia Fantasi maupun pada perayaan hari besar seperti HUT DKI Jakarta, HUT RI maupun malam pergantian tahun baru saja, maka kali ini acara itu dibuat lima kali lebih besar dibandingkan dengan perayaan pada malam tahun baru.

PT Firemaxx Bumame Indonesia sendiri selama ini dikenal sebagai vendor sekaligus penyedia pertunjukan fireworks.

Untuk pertunjukan awal tahun 2011 di Ancol Taman Impian ini, FireMaxx bekerjasama dengan supplier kembang api Beijing Olympic 2008 & Guang Zho Asian Games 2010, serta teknisi Dubai Atlantis Hotel Fireworks Show yang biasa melaksanakan pertunjukan kembang api spektakuer di dunia.

"Kami dari team firemaxx bumame Indonesia mempunyai visi untuk menjadi satu satunya vendor di pasar musikal kembang api di indonesia," ujarnya.

Ini didukung dengan "universal pyrosystem", yaitu alat untuk menyalakan kembang api berstandar internasional dengan tujuan meminimalisasi kegagalan dalam setiap pertunjukan kami, ujar Doni Moeljadi, PT Firemaxx Burmame Indonesia.

Mata pengunjung Ancol akan dihibur dengan 25.000 shoots (tembakan) kembang api akan dilontarkan ke udara mewarnai langit kawasan Ancol Taman Impian. Selama ini pertunjukan pesta kembang api yang digelar di Ancol Taman Impian paling banyak hanya 4.000 shoots.

Selain efek visual dari kembang api yang dapat dilihat jelas, pada pertunjukan spektakuler ini pengunjung juga bisa menikmati perpaduan ledakan kembang api yang diselaraskan dengan musik.

Selain itu, pemilihan tempat pertunjukan Beach Pool Ancol Taman Impian akan memberikan efek pantulan cahaya kembang api sehingga menambah keindahan.

"Pertunjukan ini sangat disukai masyarakat Indonesia. Karena itu kami ingin memanfaatkan pertunjukan spektakuler di awal 2011 ini sebagai momen penting untuk lebih mengenalkan Ancol Taman Impian kepada seluruh masyarakat Indonesia, sekaligus memperkenalkan konsep musical fireworks buat mereka," tutur Winarto.(*)

(T.D011/S019/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan