Ahad, 26 Disember 2010

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Belanda Bebaskan 5 Warga Somalia Tersangka Teroris

Posted: 26 Dec 2010 08:56 PM PST

Amsterdam (ANTARA News) - Jaksa Penuntut Umum Belanda pada Minggu (26/12) mengatakan bahwa lima dari kelompok 12 warga Somalia yang ditahan beberapa saat menjelang Natal, yang dicurigai merancang serangan teroris telah dibebaskan karena kurangnya barang bukti.

Orang-orang itu ditangkap di Rotterdam pada Jumat (24/12) dicurigai merencanakan serangan di Belanda dalam waktu dekat, demikian laporan Reuters.

Tidak ada rincian lebih lanjut dari rencana serangan yang telah diumumkan itu, namun kantor kejaksaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ke tujuh warga Somalia lainnya hingga kini masih ditahan.

Kejaksaan Belanda sebelumnya mengatakan, 12 warga Somalia, yang diduga terlibat dalam kegiatan terorisme, ditangkap di pelabuhan Rotterdam, Belanda, pada Sabtu.

Sebuah pernyataan mengatakan penangkapan tersebut dilakukan pada Jumat malam berkat petunjuk intelijen Belanda tentang sejumlah warga Somalia, yang merencanakan penyerangan di Belanda dalam waktu dekat.

Keduabelas orang Somalia itu berusia antara 19 hingga 48 tahun. Enam orang tinggal di Rotterdam, sementara lima lagi tidak diketahui dan seorang tinggal di Denmark, kata pernyataan itu.

Sebuah toko dan empat rumah digeledah di Rotterdam dan dua kamar motel di kota Gilze-Rijen di selatan juga diperiksa, namun tidak ditemukan senjata atau bahan peledak di beberapa tempat tersebut, kata jaksa.
(Uu.H-AK/S004/P003)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Gunung Berapi Karymsky di Timur Jauh Rusia Meletus Lagi

Posted: 26 Dec 2010 08:30 PM PST

Petropavlovsk-Kamchatsky  (ANTARA News) - Karymsky, gunung berapi aktif di Semenanjung Kamchatka, Rusia, saat ini memuntahkan gumpalan abu pada ketinggian hingga 4,3 kilometer (2,67 mil), menurut laporan ilmuwan Rusia, Senin.

Gunung berapi setinggi 1.486 meter itu tercatat paling aktif di wilayah timur vulkanik Kamchatka.

Aktivitas gunung berapi tersebut meningkat secara dramatis pada 1996, dan berlanjut dengan letusan berkala sampai sekarang.

"Seismolog mencatat sekitar 20 tremor lokal di sekitar gunung berapi tersebut dalam tempo 24 jam terakhir," kata seorang pejabat dari cabang Dinas Geofisika Kamchatka di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

"Beberapa gempa disertai dengan letusan abu dengan ketinggian hingga 4,3 kilometer," ujar pejabat itu, layaknya dikutip Kantor Berita Ria Novosti.

Sejauh ini, pemerintah daerah tidak mengeluarkan peringatan kepada penduduk setempat atau lalu lintas udara di wilayah itu.

Ada lebih dari 150 gunung berapi di Kamchatka, dan 29 diantaranya tergolong aktif.
(Uu.H-AK/S004/P003)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan