Rabu, 17 Julai 2013

Republika Online

Republika Online


Capture Your Story with Smartphone

Posted: 16 Jul 2013 11:28 PM PDT

Rabu, 17 Juli 2013, 13:28 WIB

ROL to Campus di Universitas Nasional, Jakarta, Kamis (11/7).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kamis, 11 Juli 2013 lalu. Aula Universitas Nasional ramai oleh celoteh mahasiswa. Rupanya para mahasiswa berkumpul untuk mengikuti workshop jurnalistik dan fotografi yang diselenggarakan atas kerjasama Republika Online, Indosat, dan Universitas Nasional. Walaupun diselenggarakan disaat puasa Ramadhan, tidak mengurangi antusias mahasiswa. Ditambah dengan banjir doorprise yang diberikan. Pokoknya puasa yang membawa berkah, deh! dapat ilmu plus hadiah dan buka puasa bersama. Seru!
    
Materi yang disajikan sangat edukatif, terutama bagi kami yang berminat dalam jurnalistik dan fotografi. Mengusung tema "Capture Your Story". Kami diajak untuk lebih ngeh dengan perkembangan gadget. Fasilitas-fasilitasnya mampu memberi kemudahan kita dalam mengemban tugas sebagai jurnalistik.
    
Saat ini, hampir seluruh pengguna telepon genggam menggunakan smartphone. Kecanggihan aplikasi yang memudahkan urusan menjadi daya tariknya. Sayangnya, belum semua pengguna smartphone mampu mengembangkan bakat atau talentanya dengan mengandalkan fasilitas di smartphoen mereka. Maka dari itu, ketika tim Indonesia Street Mobile Photography dan tim ID_Lumia menyampaikan materi, saya dan teman-teman tertarik menyimaknya.
    
Sebagai mahasiswa yang dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman, keahlian dalam memaksimalkan kemampuan menggunakan gadget yang dimiliki adalah wajib. Rutinitas sehari-hari yang padat bisa jadi alasan kurang kreatif seseorang. Namun itu merupakan lagu lama. Walau jadwal kegiatan padat, hobi dan pekerjaan tetap bisa selaras kok.
    
Mas Indra dari Indonesia Street Mobile Photography memberikan penjelasan arti Street mobile photography dan  tentu saja dengan tips untuk menghasilkan fotofoto yang unik, kreatif dan menarik. Jika ditarik kesimpulan, street photography itu adalah foto berupa aktivitas orang-orang atau suasana dimana momen dalam setiap bidikan harus mampu menceritakan. Jadi tidak hanya asal jepret, tetapi kita dituntut untuk lebihkreatif dalam penyajian foto. Ada beberapa tips yang bisa dipelajari lebih mendalam dengan langsung meng-klik http://istrie.co.id.

Penulis: Yuanita Desty Noviani (Mahasiswi Universitas Nasional Jakarta)

Redaktur : M Irwan Ariefyanto
Sumber : Universitas Nasional Jakarta

'Ketahuilah, sesungguhnya bahwa malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung.(HR Bukhari)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

One..Two..Three..Cheesee Pake Smartphone

Posted: 16 Jul 2013 11:23 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,Simpel dan elegan merupakan kata yang tepat untuk diberikan kepada Nokia Lumia Karena telepon genggam yang katanya "Pintar" ini memiliki berbagai fungsi yang sangat menarik perhatian banyak orang.
 
Dikatakan simpel karena smartphone adalah telepon genggam yang memiliki sifat komplit bin canggih. Segala aplikasi ada padanya, bahkan segala fitur-fitur yang dibutuhkan bagi para penggila dunia fotografi pun bisa ditemukan.

Dalam dunia fotografi, smartphone sangat bisa diandalkan. Setiap momen kehidupan yang kita lalui dengan mudahnya diabadikan oleh alat praktis ini. Saat ini orang-orang tidak perlu lagi harus memiliki kamera digital atau kamera SLR (Single lens-Reflex)  untuk mengabadikan setiap peristiwa atau hal yang terjadi dilingkungan sekitarnya. Hanya dengan mengeluarkan dari saku lalu meng'klik maka setiap kejadian yang ada di depan mata bisa kita abadikan dengan mudah dan cepat.

Inilah yang kita sebut dengan smartphone photography. Bagaimana kita menangkap sebuah kejadian, peristiwa atau momen dan mengabadikannya dengan smartphone atau biasa yang disebut dengan telepon genggam "pintar". Kepraktisan ini yang membuat smartphone menjadi primadona di seluruh kalangan masyarakat terutama anak muda.

Simpel, praktis, mudah, dan canggih. Inilah keuntungan dari smartphone dalam hal dunia photography. Aplikasinya yang mudah digunakan, alatnya yang mudah di bawa kemana-mana, kecanggihan fiturnya yang membuat orang banyak merasa nyaman menggunakannya dan juga harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan kamera SLR.

Kehadiran smartphone memudahkan kita untuk memindahkan hasil jepretan langsung dan membagikannya kepada media sosial. Alasan kepraktisan inilah yang membuat smartphone naik pamor dan bahkan merajai tangga penjualan dibandingkan kamera yang sifatnya masih "konservatif" alias kuno.

Smartphone yang sejarahnya dulu dari tahun 1993 masih terbatas dipasarkan, tak disangka produk yang dulunya terbatas akhirnya dengan mudah kita genggam dan fungsikan dalam membantu aktifitas kita salah satunya mengabadikan setiap momen berharga . Akhirnya siapkan diri anda untuk eksis di dunia maya; One..two..three..cheesee!!

Penulis: Sarah Margaret Y Simanjuntak (Mahasiswi Universitas Nasional Jakarta)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan