Sabtu, 22 Jun 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Bahas Kabut Asap, Menteri Malaysia Kunjungi Jakarta

Posted: 22 Jun 2013 03:11 AM PDT

Life's essentials

2013/06/14 WIB

What are the things in life you can't live without? A survey reveals what British people need.

Korut Kembali Utarakan Syarat Dialog ke AS

Posted: 22 Jun 2013 02:02 AM PDT

ASIA

Sabtu, 22 Juni 2013 16:02 wib

Aulia Akbar - Okezone

NEW YORK - Duta Besar Korea Utara (Korut) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Sin Son-Ho mengutarakan tuntutan negaranya yang sepakat berdialog dengan Amerika Serikat (AS). Dialog itu juga bisa dimanfaatkan untuk membahas isu nuklir dan perjanjian damai Korut dengan Korea Selatan (Korsel).

Sin turut menyampaikan pesan yang diutarakan negaranya mengenai kesediaan Korut berdialog dengan AS. Namun Sin mengingatkan kembali, dialog itu merupakan dialog antar-pejabat tinggi yang ditujukan untuk meredakan ketegangan di Korea dan menciptakan perdamaian.

"Seluruh masalah ini disebabkan oleh Amerika Serikat," ujar Sin dalam jumpa pers di New York, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (22/6/2013).

Menurut Sin, dialog itu harus mencakup masalah pembuatan perjanjian baru untuk menggantikan Perjanjian Gencatan Senjata Perang Korea 1950-1953 yang sudah lama. Perjanjian baru tersebut akan menjadi mekanisme perdamaian baru.

Sin menambahkan, perbincangan mengengai "dunia tanpa senjata nuklir" juga bisa disisipkan dalam dialog itu. Namun Sin mengingatkan, Korut tidak akan pernah mau melucuti senjata nuklirnya karena senjata itu merupakan senjata untuk membela diri.

Negeri komunis Korea hanya sepakat melucuti senjatanya bila AS menghentikan kebijakan kerasnya terhadap Korut dan membubarkan Komando Pasukan PBB di Korsel. Sin berniat membawa isu tersebut ke Majelis Umum agar dipertimbangkan lagi. (AUL)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Tiada ulasan:

Catat Ulasan