Ahad, 12 Mei 2013

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Anis Matta Siap Penuhi Panggilan KPK Besok

Posted: 12 May 2013 02:25 PM PDT

Anis Matta Siap Penuhi Panggilan KPK Besok

Penulis : Icha Rastika | Minggu, 12 Mei 2013 | 21:25 WIB

KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta mengaku siap memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi yang dijadwalkan Senin (13/5/2013) besok.

Anis dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan kasus dugaan pencucian uang kuota impor daging sapi dengan tersangka Ahmad Fathanah. "Sebagai warga negara, saya wajib membantu KPK memberikan informasi. Saya akan datang jam 10.00 WIB," kata Anis di sela-sela rapat majelis syuro PKS di TB Simatupang, Jakarta, Minggu (12/5/2013) malam.

Anis mengaku belum tahu mengenai hal yang akan digali penyidik KPK dari dirinya. "Saya tidak punya gambaran dan saya belum mengerti informasinya dan saya besok datang melihat itu dan masalahnya itu, tidak ada pemberitahuan ke saya," ungkap Anis.

Saat ditanya apakah dia mendapatkan gambaran materi pemeriskaan dari penyidik KPK dari adiknya, Saldi Matta yang lebih dulu diperiksa, Anis menganggap pemeriksaan adiknya itu tidak terkait dengannya. "Itu urusan mereka ya, dengan saya tidak ada urusan," ujarnya.

KPK akan memeriksa Anis karena dia dianggap tahu seputar kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Fathanah. Adapun Fathanah merupakan orang dekat mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.

Selain ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi kuota impor daging sapi, Fathanah dijerat dengan Pasal TPPU. Dia diduga menyamarkan uang hasil tindak pidana korupsi dengan sejumlah cara, salah satunya mentransfer ke pihak lain, atau membelikan barang untuk pihak lain. KPK juga menetapkan Luthfi sebagai tersangka untuk kasus yang sama.

Juru Bicara KPK Johan Budi sebelumnya memastikan, pemanggilan Anis ini tidak berkaitan dengan gagalnya upaya penyidik KPK menyita lima mobil dari kantor DPP PKS. "Tidak ada hubungannya karena memang disampaikan tadi, kita memang berencana, kebetulan juga dikirimkan surat-suratnya tadi untuk periksa Hilmi," katanya.

Editor :

Bambang Priyo Jatmiko

Sambut Penyidik KPK, PKS Siapkan Bunga

Posted: 12 May 2013 02:01 PM PDT

Sambut Penyidik KPK, PKS Siapkan Bunga

Penulis : Icha Rastika | Minggu, 12 Mei 2013 | 21:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menyambut baik kedatangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi yang akan menyita enam mobil di kantor DPP PKS pada Senin (13/5/2013) besok. Bahkan, Presiden PKS Anis Matta mengatakan akan menyambut kedatangan tim penyidik KPK dengan bunga.

"Silakan datang dengan prosedur yang baik. Saya sudah katakan kepada pengurus, Insya Allah kita akan sambut dengan bunga," kata Anis sambil berseloroh di sela-sela rapat majelis syuro PKS di TB Simatupang, Jakarta, Minggu (12/5/2013).

Sebelumnya, Anis Matta mengaku telah mendapatkan informasi mengenai rencana KPK kembali menyambangi Gedung DPP PKS untuk menyita enam mobil terkait mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, besok. "Ada komunikasi dengan Johan Budi (juru bicara KPK), besok mereka akan lakukan penyitaan lagi," ujar Anis.

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara KPK Johan Budi membenarkan pihaknya akan kembali mendatangi kantor DPP PKS besok. "Kata penyidik rencananya begitu, dengan terlebih dahulu disampaikan rencana ini kepada Anis Matta," ujar Johan.

Sebelumnya, KPK dua kali gagal menyita enam mobil terkait Luthfi yang disimpan di kantor DPP PKS karena dihalang-halangi petugas keamanan gedung dan sejumlah simpatisan partai tersebut. Menurut pihak PKS, tim penyidik KPK tidak sesuai prosedur penyitaan.

Tim penyidik, menurut PKS, tidak membawa surat penyitaan saat mendatangi kantor DPP PKS. Sementara itu, pihak KPK mengklaim langkah yang dilakukannya sudah sesuai prosedur.

Editor :

Bambang Priyo Jatmiko

Tiada ulasan:

Catat Ulasan