Rabu, 27 Februari 2013

Republika Online

Republika Online


Alenka Bratusek Ditunjuk Sebagai PM Baru Slovenia

Posted: 27 Feb 2013 11:11 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, LJUBLJANA -- Majelis Nasional Slovenia, Rabu (27/2) malam, membubarkan pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Janez Jansa, dan langsung menunjuk Alenka Bratusek sebagai calon perdana menteri.

Bratusek (42 tahun) adalah pemimpin sementara Slovenia Positif (PS), partai oposisi terbesar di parlemen. Perempuan pejabat itu segera diambil sumpahnya. Dalam pidato singkat peresmiannya, Bratusek berikrar akan memusatkan perhatian pada pemulihan kepercayaan pada negara, demokrasi dan hukum.

"Slovenia tak bisa memikul beban berlanjutnya kontraksi ekonomi dan meningkatnya pengangguran," kata Bratusek di parlemen beberapa jam sebelum ia ditunjuk sebagai perdana menteri. "Pengurangan pengeluaran takkan dengan sendirinya mencapai pertumbuhan ekonomi, tidak menghasilkan pengurangan defisit," kata perempuan ahli keuangan tersebut kepada anggota dewan legislatif, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (28/2).

Pada Rabu pagi, Majelis Nasional juga memilih Janko Veber sebagai Ketua Parlemen, sehingga melicinkan jalan bagi dewan legislatif untuk memiliki kabinet baru yang dipimpin oleh perdana menteri baru.

Veber, yang dipilih dengan 52:34 suara, menggantikan Gregor Virant, yang mundur sebagai ketua parlemen pada Januari, setelah partainya, Citizens' List, meninggalkan pemerintah koalisi sayap-kiri, yang dipimpin oleh Janez Jansa. Bratusek sekarang memiliki waktu 15 hari untuk mengusulkan satu kabinet ke Majelis Nasional, tenggat yang dapat diperpanjang satu kali atas permintaannya.

Mobil Hybrid McLaren Siap Tantang Ferrari Anyar

Posted: 27 Feb 2013 11:11 PM PST

Kamis, 28 Februari 2013, 14:11 WIB

Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- McLaren Automotive akan memproduksi mobil balap P1 sebanyak 375 unit dalam pameran otomotif Jenewa pada bulan depan.

Produsen mobil super yang bermarkas di Inggris itu mengatakan model tersebut memiliki harga  1,3 juta dolar AS lengkap dengan alat navigasi di lapangan.

Model P1 akan menjadi pesaing model penerus Enzo Ferrari yang juga akan diresmikan dalam pameran otomotif Geneva pada 5 Maret.

Meski Ferrari belum resmi mengumumkan harga model tersebut, seorang sumber Ferrari mengatakan model itu memiliki harga sekitar 1,3 juta dolar AS dan hanya 499 unit yang akan diproduksi.

P1 dengan dua tempat duduk dan berbahan serat karbon  adalah mobil super McLaren yang ketiga setelah 12 C dan 12C Spider seperti dikutip inautonews pada Kamis (28/2).

Model itu menggunakan mesin hibrida yaitu motor listrik dan mesin V8 twin turbo bensin 3.8 liter yang dapat menghasilkan 903 tenaga kuda.

Andalan McLaren itu memiliki transmisi tujuh percepatan dengan kecepatan puncak 350 kph dan 0-100 km/jam tidak sampai 3 detik. Motor listriknya dapat menempuh 20 km di kota dengan kecepatan rata-rata dari 48km/jam.

Redaktur : Yudha Manggala P Putra
Sumber : Antara

Janganlah kamu memberi makanan yang kamu sendiri tidak suka memakannya.((HR. Ahmad))

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan