Rabu, 4 Julai 2012

Republika Online

Republika Online


Rumput Laut Bisa Cegah Gigi Keropos

Posted: 04 Jul 2012 08:55 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Para peneliti di Inggris meyakini bahwa kandungan enzim yang terdapat di dalam mikroba rumput laut bisa mencegah gigi keropos.

Para peneliti meyakini bahwa rumput laut menghasilkan Bacillus licheniformis, dapat melindungi wilayah dimana plak gigi berada, lebih baik ketimbang menggosoknya dengan sikat gigi. Awalnya para peneliti mempelajari Bacillus licheniformis untuk membersihkan lambung kapal. Demikian diberitakan BBC yang dipantau ANTARA News di Jakarta, Rabu.

Peneliti dari fakultas kedokteran gigi Universitas Newcastle, Dr Nick Jakubovic mengatakan plak (plaque) di gigi terbuat dari bakteri yang berkumpul dan menempati wilayah di antara gigi untuk menghilangkan kompetitornya.

"Sikat gigi bekerja dengan menggosok plak gigi yang mengandung bakteri, tetapi tidak selalu efektif untuk mencegah munculnya plak gigi," kata Nick lagi.

Peneliti telah menemukan enzim yang dapat memindahkan beberapa bakteri yang tidak diinginkan dari plak gigi, seperti bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan gigi keropos.

"Kami menemukan enzim ini dapat memindahkan bakteri yang tidak diinginkan dari plak gigi," katanya.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat teknik bekerja dan segi keamanan, sebelum dijadikan produk yang akan dijual ke pasar.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan