Jumaat, 10 Februari 2012

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Aneh, Barang Bukti Kasus Pemalsuan Surat MK Hilang

Posted: 10 Feb 2012 01:22 AM PST

JAKARTA - Hingga saat ini polisi belum menetapkan tersangka baru dalam kasus pemalsuan surat Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa Pemilu Legislatif 2009 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Selatan.

Polisi baru menetapkan dua tersangka yakni mantan juru panggil MK Masyhuri Hasan dan bekas panitera MK Zaenal Arifin Hoesein.

Masyhuri Hasan sudah divonis 1 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, 3 Januari lalu. Sementara Zaenal, polisi berdalih barang buktinya belum lengkap sehingga belum dinaikan di tahap penuntutuan.

Yang mengejutkan, beberapa barang bukti kasus pemalsuan surat MK ini hilang. Kasus Zaenal pun terancam mandek.

"Waktu dua tahun begitu, setelah kami tapping sudah hilang. Susah itu, komputer yang kami kloning juga datanya sudah hilang," kata Kabareskrim Polri Irjen Pol Sutarman di Jakarta, Jumat (10/2/2012).

Namun, Sutarman menegaskan, jika bukti-bukti yang dikumpulkan sudah kuat mengarah kepada siapapun, maka pihaknya tak akan segan mengambil tindakan hukum.

"Kalau buktinya cukup, siapapun akan kami usut," tegas mantan Kapolda Metro ini.

(ded)

Robot Ini Bisa Makan Layaknya Manusia

Posted: 10 Feb 2012 01:21 AM PST

LONDON - Para ilmuwan sudah pernah membuat robot yang berjalan dan bicara seperti manusia, tapi kali ini yang mereka buat adalah robot yang  bisa makan serta perlu ke toilet.

Robot tersebut menggunakan bahan  organik sebagai sumber energinya, kemudian mengeluarkan sisa-sisa bahan organik tersebut sebagai sampah.

Seperti diwartakan Dailymail, Jumat (10/2/2012), para ilmuwan penciptanya mengklaim robot itu sebagai langkah baru menuju ecological bot (robot yang bisa memperbaharui energinya sendiri).

Penemuan tersebut dicapai oleh Bristol Robotics Laboratory (BRL), yang merupakan bagian dari Unniversity of Bristol di inggris.

Purwarupa  pertama robot itu memiliki sel bahan bakar yang ditenagai mikroba E.coli, mengurai gula sebagai bahan makanannya. Sedangkan model kedua, mencoba memakai mikroba lumpur untuk mengurai makanan busuk. Kedua model ini memiliki hambatan, yaitu tidak dapat menyingkirkan sampahnya sehingga menimbulkan racun.

Sebuah lompatan maju dicapai melalui purwarupa ketiga yang dijuluki Ecobot-III. Menurut Loannis Leropoulos, ahli robotika dari BRL, robot ini mengumpulkan makanan dan air  yang dibutuhkannya dari lingkungan sekitar.

Tapi tentu saja Ecobot-III tidak dapat mencari sandwich sendiri. Robot tersebut memungut makanan manis sumber tenaganya dari sebbuah jalur di dalam laboratorium Bristol.

"Dia melakukan tugas yang telah kita  rancang, pada  akhir hari, robot itu mengeluarkan kotorannnya sendiri. Secara harfiah, maksudnya membuangnya ke tempat sampahnya sendiri," tandasnya.

Saat ini para ilmuwan tersebut telah memperoleh pernyataan dari Biil and Malinda Gates Foundation serta NASA, sehingga memiliki kemungkinan untuk digunakan dlaam misi ke Mars sebagai kawan astronot. (tyo)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan