Rabu, 4 Januari 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Pengungsi Syiah di Sampang Tolak Pulang ke Rumah

Posted: 04 Jan 2012 01:23 AM PST

SAMPANG - Pemerintah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, meminta agar warga Syiah yang mengungsi di Lapangan Tenis Indoor Sampang untuk pulang ke rumah masing-masing. Ini terkait batas akhir masa tanggap darurat yang jatuh hari ini.
 
Namun permintaan tersebut ditolak warga. Para pengungsi mengaku tetap bertahan dengan alasan masih khawatir dengan kondisi keamanan.

Bahkan para pengungsi mengaku tetap akan bertahan, meski pasokan makanan akan dihentikan pemerintah setempat. Selama ini sekira 250 pengungsi mengandalkan makanan dari pemerintah untuk kebutuhan sehari-hari.

Jaminan keamanan yang dilontarkan Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko usai meninjau langsung ke lokasi pembakaran, Selasa kemarin, tidak dipercayai sepenuhnya oleh para pengungsi.

seorang pengungsi, Iklil Almilah, mengatakan mereka memilih menunggu instruksi dari Tajul Muluk, tokoh Syiah setempat.

"Kami menunggu perintah Ustaz Tajul Muluk. Disuruh pulang, kami pulang. Kalau bertahan, ya kami tetap bertahan. Kami ikut apa kata beliau," ucap Iklil, Rabu (4/1/2012).

Sementara itu, Kepala Sub-Komisi Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM, Hesti Armiwulan, mengatakan pihaknya masih mengupayakan mediasi pihak Syiah dengan warga. Komnas HAM juga masih mendalami hasil sejumlah temuan di lapangan.

(Taufik Syahrawi/Sindo TV/ton)

Full content generated by Get Full RSS.

SBY Berharap Pemilukada Aceh Berjalan Tertib & Aman

Posted: 04 Jan 2012 01:19 AM PST

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap agar pelaksanaan pemilihan gubernur di Provinsi Aceh pada 16 Februari 2012 mendatang berjalan dengan aman dan lancar.
 
Harapan ini menyeruak menyusul terjadinya sejumlah aksi penembakan di Aceh, meksi belum diketahui apakah berkaitan dengan Pemilukada atau tidak.
 
"Harapan Presiden semua bisa berjalan dengan tertib, aman, dan lancar. Sebagaimana kaidah dan amanat dari undang-undang kita yang menginginkan agar semua pemilukada daerah bisa berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Dan benar-benar itu bisa diterima oleh masyarakat. Baik masyarakat setempat maupun umum," kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha di Gedung Binagraha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2012).
 
Seperti yang diketahui, jelang Pilkada terjadi penembakan misterius di Aceh Utara dan di Bireun. Menurut Julian, Kapolri hingga saat ini masih melakukan investigasi. Kapolri juga telah memberikan laporan kepada Kepala Negara. "Sudah disampaikan kepada Presiden oleh Kapolri. Tapi masih ditindaklanjuti oleh kapolri. Nanti kalau ada kesimpulan tentu akan kita dengar," imbuhnya.
 
Pemilukada Aceh yang digelar pada 16 Februari 2012 mendatang akan melibatkan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur periode 2012–2017. Empat pasangan tersebut adalah Ahmad Tajuddin dan Tengku Suriansyah, nomor urut dua pasangan Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan, nomor urut tiga pasangan Darni M Daud dan Ahmad Fauzi, dan nomor urut empat Muhammad Nazar dan Nova Iriansyah.

(ful)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan