Khamis, 3 November 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Spurs kandas di Rusia

Posted: 03 Nov 2011 07:37 PM PDT

Manager Tottenham Hotspur, Harry Redknapp (AFP/IAN KINGTON)

Berita Terkait

Paris (ANTARA News) - Tottenham Hotspurs gagal mengukir kemenangan tanpa didampingi pelatih mereka Harry Redknapp yang menjalani operasi jantung, sementara dalam laga empat grup sebanyak lima tim mencetak kemenangan dan maju ke putaran 32 besar kompetisi Liga Eropa yang berlangsung Kamis malam waktu setempat.

Empat tim yang lolos itu menyusul beberapa tim yang sudah lolos sebelumnya, Sporting Lisbon, dua tim dari Belanda PSV Eindhoven dan FC Twente, klub raksasa Belgia Anderlecht, tim dari Polandia Legia Warszawa serta klub dari Spanyol Athletic Bilbao.

Tottenham yang melakukan perjalanan sepanjang 6.500 kilometer ke kandang lawan, mengalami kekalahan 0-1 atas Rubin Kazan, sementara Redknapp menyaksikan para pemainnya gabungan pemain muda dan veteran itu berjuang di lapangan melalui layar televisi.

Bos Spurs yang kini berusia 64 tahun itu baru keluar dari rumah sakit setelah Rabu menjalani operasi dengan memasukkan dua alat untuk membuka sumbatan pada pembuluh darahnya. Asisten pelatih Kevin Bond dan pelatih tim pertama Joe Jordan sementara menggantikan posisi Redknapp di Tatarstan.

Tim Rusia itu meraih angka mereka pada menit ke-10 memasuki babak kedua, ketika pemain tengah asal Israel Bebras Natcho memanfaatkan bola lambung dari tendangan bebas yang dilancarkan Carlo Cudicini.

Rubin seharusnya dapat menciptakan gol lebih banyak setelah melakukan serangkaian serangan keras, tetapi penjaga gawang asal Italia yang berada di bawah gawang tim dari London itu.

Spurs berharap dapat lolos ke babak selanjutnya dengan meraih kemenangan pada dua pertandingan berikutnya, pertama di kandang sendiri dengan menjamu klub dari Yunani PAOK Salonica dan kedua bertamu ke Dublin untuk menghadapi Shamrock Rovers.

Bond mengatakan, "Saya berbicara dengannya (Redknapp) pagi tadi dan ia dalam kondisi baik. Ia mencoba datang besok (Jumat)...".

Bond menambahkan, "Kami sudah membayangkan, betapa hebatnya penampilan mereka (Rubin)."

"Pertandingan akan ketat sekali hingga akhir turnamen. Tapi kami yakin dengan sisa pertandingan kami dan kami akan lolos ke putaran berikutnya," katanya. Mantan pemain favorit di Spurs, Peter Crouch, menjadi pemain bintang ketika Stoke menang di Israel.

Gol yang dibuat Crouch pada menit ke-64, sembilan menit setelah Dean Whitehead membuka angka Stoke, sehingga angka akhir 2-1 pada laga di Maccabi Tel Aviv, menyebabkan tim Tony Pulis itu dalam posisi maju ke babak selanjutnya.

Kemenangan itu membuat tim itu naik ke puncak grup dengan koleksi 10 pin di Grup E.

Pulis menyatakan, "Saya kira para pemain tampil brilian malam ini...mereka terkadang lamban tetapi secara keseluruhan mereka bagus."

Berita bagus juga dialami klub Inggris lainnya. Birmingham berada di puncak Grup H setelah bermain imbang 2-2 lawan Club Brugge, Celtic membungkus kemenangan pertama mereka ketika di kandang menang 3-1 atas Rennes, sehingga peluang mereka tetap terbuka di Grup I sedangkan Fulham menang besar 4-1 atas Wisla Krakow dan memegang peranan di kompetisi Grup K.

Mantan juara Eropa PSV Eindhoven mejamu Hapoel Tel Aviv dan gol Kevin Strootman tiga menit menjelang pertandingan usai menyebabkan angka akhir imbang 3-3 dan mereka maju dari Grup C.

Anderlecht mengalahkan Sturm Graz 3-2 dan lolos dari Grup L sedangkan FC Twente menyertai mereka maju ke putaran 32 besar setelah di kandang menang 3-0 atas Odense pada laga Grup K.

Athletic Bilbao maju dari Grup F setelah menang 1-0 atas Red Bull Salzburg sedangkan Legia Warszawa mengalahkan Rapid Bucharest 3-1 dan bergabung dengan PSV maju dari Grup C.

Paris Saint-Germain memperkuat posisi di urutan kedua setelah Ahletic Bilbao, setelah gebrakan keras Javier Pastore pada baba kedua membuat tim itu menang 1-0 atas Slovan Bratislava.

Lazio tetap berpeluang maju dari Grup D setelah menang 1-0 pada laga kandang lawan FC Zurich, sehingga mereka berada di tempat kedua setelah Sporting Lisbon, yang kalah di Romania melawan FC Vaslui.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Upacara adat kenang kehadiran Portugis di Timor

Posted: 03 Nov 2011 07:03 PM PDT

Kupang (ANTARA News) - Kerajaan Liurai Waehali yang berpusat di Builaran, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur akan menggelar sebuah upacara adat untuk mengenang ekspansi dan kehadiran Portugis di Pulau Baramataus (Pulau Timor).

"Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 11-11-2011 di Builaran, sebuah kerajaan tua di Pulau Timor dan akan menghadirkan keluarga besar yang memiliki hubungan dengan Portugis yakni Likusai, Laran dan Larantuka," kata pemrakarsa kegiatan tersebut Yosep Aryanto Ludoni di Kupang, Jumat.

Ludoni yang juga Direktur Yayasan Purnama Kasih (Yaspurka) Kupang itu mengatakan hubungan baik antara Kerajaan Liurai Waehali dan kerajaan-kerajaan lain di NTT dengan Portugis cukup baik di bidang pendidikan dan perdagangan.

"Dimensi kebaikan itu harus tetap dibina karena Portugis juga meninggalkan sejumlah sarana bersejarah seperti tongkat kerajaan yang bertuliskan Don Alenseo Waehali," ujarnya.

Ia menambahkan upacara adat tersebut sekaligus untuk mengenang hubungan baik Portugis dengan Kerajaan Liurai Waehali yang berlangsung sudah sekitar 500 tahun ini.

Pada puncak perayaan nanti, kata dia, akan ditampilkan bagaimana kesetiaan para leluhur dan keturunannya yang masih setia tinggal di rumah-rumah adat (pemali) yang jauh dari keramaian serta masih setia mempertahankan nilai-nilai sejarah yang diwariskan para leluhur.

Saat ini, kata dia, keturunan raja yang tinggal dan mewarisi kerajaan Liurai Waehali di Builaran sebanyak 15 keturunan.

Kegiatan tersebut mengambil tema "Pendidikan Sejarah dan Multibudaya Menuju Indonesia Jaya" dengan tujuan mendukung kebesaran Bangsa Indonesia, selain mengenang perjalanan Bung Karno di Builaran pada saat itu.

Ia menambahkan, pada puncak kegiatan akan dilakukan ritual seremoni dengan doa sakral memberkati bibit tanaman untuk ditanam di musim tanam tahun ini.

Doa tersebut dimaksudkan agar bibit tersebut dapat tumbuh untuk menjawab musim paceklik yang melanda para petani.

"Ini berangkat dari suatu keyakinan bahwa kegiatan luhur tersebut membawa hasil yang maksimal," kata Ludoni.

Dia berharap, kegiatan ini membuka jalan bagi kesuksesan dan keberhasilan usaha petani, karena diberkati oleh Liurai Sonbai Maromak.

Leluhur, kata dia diyakini sebagai pelindung dan penjaga keturunan kerajaan hingga saat ini. (ANT-295/L003)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan