Isnin, 25 Julai 2011

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Tujuh Orang Tewas Dalam Serangan NATO di Kota Zliten, Libya

Posted: 25 Jul 2011 06:27 PM PDT

Peta Libya. (rt.com)

Serangan di klinik kecil untuk penyakit menular itu terjadi antara pukul 08.00 dan 08.30 waktu setempat (pukul 13.00-13.30 WIB).

Berita Terkait

Video

Zliten, Libya (ANTARA News/AFP) - Pemerintah Muamar Gaddafi menuduh NATO telah menewaskan sedikitnya tujuh orang dalam serangan di sebuah klinik kesehatan dan menghancurkan persediaan pangan, Senin, di kota Zliten di Libya barat.

Serangan di klinik kecil untuk penyakit menular itu terjadi antara pukul 08.00 dan 08.30 waktu setempat (pukul 13.00-13.30 WIB), kata seorang warga setempat kepada wartawan AFP yang termasuk di antara sejumlah wartawan asing yang melakukan lawatan yang dipandu ke kota itu.

Para wartawan itu menyaksikan sebuah bangunan yang hancur sepenuhnya, dengan tanda bulan sabit merah di pintu masuknya dan tanah diceceri dengan sarung tangan, botol oksigen, obat farmasi dan alat usungan, tapi tidak ada korban.

Lima mobil ambulans siap siaga ketika tim-tim pertolongan memeriksa puing bangunan untuk mencari kemungkinan korban lainnya.

Beberapa wartawan asing juga telah dibawa ke tempat lainnya di Zliten, tempat mereka melihat tiga gudang makanan yang hancur dan satu lainnya masih terbakar. Para pejabat pemerintah juga menyalahkan hal itu pada serangan udara NATO.

Di sekitar tempat itu, ratusan kantung beras, tomat dan minyak sayur membara dengan asap, sementara para pekerja pemadam kebakaran berusaha untuk memadamkan api.

Beberapa warga mengatakan serangan NATO itu terjadi pada sekitar pukul 3.00 waktu setempat (pukul 8.00 WIB).

Di kompleks yang sama, para wartawan juga melihat sebuah bangunan lainnya berpapan nama "Keamanan Pertanian" yang telah hancur samasekali.

Para pengingat pemerintah juga mengatakan pada wartawan-wartawan itu mengenai serangan udara lain Pakta Pertahanan Atlanti Utara pada Senin dini hari yang menimbulkan sejumlah korban sipil, meskipun mereka tidak menguraikan kejadiannya.

Zliten terletak di sekitar 150 kilometer di timur ibu kota Libya, Tripoli, markas besar pemimpin Libya Muamar Gaddafi, dan 60 kilometer dari wilayah kantung Misrata di Libya barat, kota terbesar ketiga Libya yang dikuasai pasukan pemberontak .

(S008) (C003)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

"Tuturagiana Andala" Ritual Sesaji Pulau Makassar

Posted: 25 Jul 2011 06:03 PM PDT

...masyarakat Pulau Makassar meyakini penguasa alam berada di empat penjuru arah mata angin..."

Berita Terkait

Video

Kendari (ANTARA News) - Di beberapa daerah pantai pesisir Pulau Jawa, banyak ditemukan tradisi masyarakat nelayan melarung sesaji di laut.

Isi sesaji yang dilarung pun beragam. Ada yang melarung kepala kerbau, berbagai jenis panganan dan sebagainya.

Namun melihat makna dari tradisi ritual tersebut rata-rata memiliki kesamaan. Para nelayan melarung sesaji dengan tujuan agar dalam melaut untuk menangkap ikan, penguasa alam dapat memberikan rezeki berkelimpahan dan menjauhkan murka alam atau bahaya laut dari nelayan.

Warga nelayan di Pulau Makassar, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), memiliki tradisi melarung sesaji yang disebut "tuturangiana andala". Tradisi ini digelar warga Pulau Makassar, sekali setahun pada setiap kali musim paceklik ikan.

Warga Pulau Makassar kembali menggelar tradisi ritual `tuturangiana andala` atau melarung sesaji di tengah laut.

Gubernur Sultra, H Nur Alam dan Wali Kota Baubau Amirul Tamim serta puluhan turis asal Amerika Serikat ikut menyaksikan prosesi pelaksanaan tradisi ritual warga nelayan tersebut yang berlangsung beberapa hari lalu.

Tetuah adat Pulau Makassar, Abdul Hamid (55), memulai ritual tersebut dengan `batata` atau permohonan kepada penguasa alam ghaib sekitar wilayah pesisir agar dapat menerima persembahan masyarakat nelayan pulau itu.

Mendahului acara ritual `batata` tersebut, para tokoh adat menyiapkan sesaji berisi berbagai jenis hasil pangan khas daerah setempat seperti cucur, onde-onde, sanggara (dari pisang), waje (beras ketan), nasi, telu ayam serta daun sirih, pinag dan sebagainya dalam empat tempat rakit bambu ukuran setengah meter persegi.

Usai `batata` tetuah adat dibantu beberapa tokoh adat melanjutkan ritual dengan menyembelih kambing yang telah disiapkan tersebut, dibawa ke tengah laut dengan diiringi pukulan gong dan gendang.

Tiba di tengah laut, sesaji tersebut dilarung di empat titik atau tempat di tengah laut yang dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

"Tuturangiana andala ini merupakan tradisi peninggalan nenek moyang kami. Tradisi ini digelar sekali dalam setahun, biasanya pada setiap kali terjadi musim paceklik ikan," kata Abdul Hamid, seusai memimpin ritual tersebut.

Ungkapan pada pencipta
Keterangan serupa juga diungkapkan Masudin (45), tokoh adat Pulau Makassar lainnya. Menurutnya, ritual `tuturangiana andala` itu sebagai ungkapan permohonan masyarakat nelayan kepada penguasa alam laut agar melimpahkan rezeki dan menjauhkan marabahaya dari para nelayan setempat dalam berlayar menangkap ikan.

Isi sesaji berbagai jenis panangan khas daerah disertai daun sirih dan pinang, sebagai bentuk rasa syukur warga kepada penguasa laut yang telah memberikan kehidupan bagi keluarga para nelayan.

Leluhur masyarakat Pulau Makassar kata Masudin, memaknai musim paceklik ikan sebagai kemarahan penguasa alam laut kepada para nelayan yang hanya menangkap ikan di laut tanpa memberikan sesuatu kepada alam laut.

Demikian pula dengan bahaya gelombang laut disertai tiupan angin kecang yang sering menenggelamkan perahu para nelayan, sebagai bentuk murka penguasa laut kepada para nelayan yang menggantung hidup dari hasil laut.

"Sesajen itu dibuat dalam empat tempat dan dilarung di empat lokasi karena masyarakat Pulau Makassar meyakini penguasa alam berada di empat penjuru arah mata angin, barat, timur, utara dan selatan. Diharapkan, setelah sesajen itu dilarung, penguasa alam laut di empat penjuru mata angin segera melimpahkan rezeki dan menghilangkan bahaya gelombang laut," katanya.

Biasanya ujar Masudin, setelah warga nelayan menyelenggarakan ritual `tuturangiana andala` tersebut, hasil tangkapan ikan para nelayan mulai melimpah dan bahaya gelombang laut disertai tiupan angin kencang segera berkurang.

Makanya, masyarakat nelayan Pulau Makassar, hingga saat ini masih terus menyelenggarakan tradisi ritual `tuturangiana andala` peninggalan para leluhur itu.

Pulau Makassar, merupakan pulau kecil yang terletak di selat Buton, hanya berjarak sekitar lima mil laut dari Kota Baubau.

Diberi nama Pulau Makassar, karena pulau berpenduduk sekitar 7000 jiwa itu, dalam cacatan sejarah Buton, pernah menjadi tempat berlindungnya para tentara kerajaan Goa di Sulawesi Selatan saat berseteru dengan pihak Kesultanan Buton di Kota Baubau.

Agenda wisata
Ritual `tuturangiana andala' yang digelar kali ini, merupakan rangkaian kegiatan Festival Pulau Makassar ke-4, yang dibuka Gubernur Sultra Nur Alam, Senin (18/7) dan ditutup Wali Kota Baubau Amirul Tami dan sudah menjadi agenda parawisata tahunan di Kota Baubau.

Menurut Wali Kota Baubau, pihaknya sudah menetapkan kawasan Pulau Makassar sebagai salah satu kawasan wisata bahari di wilayah Kota Baubau.

Dalam mendukung kebijakan tersebut kata dia, maka Pemerintah Kota Baubau sudah menjadikan Festival Pulau Makassar dalam kalender Pariwisata Nasional yang digelar setiap tahun di bulan Juli.

"Memasukkan Festival Pulau Makassar ke dalam kalender Pariwisata Nasional, merupakan upaya Pemerintah Kota Baubau untuk mempopulerkan kawasan itu ke para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," katanya.

Menurut Amirul, Pemerintah Kota Baubau menjadikan Pulau Makassar yang terletak di selat Buton, hanya sekitar empat mil laut dari Kota Baubau sebagai salah satu obyek wisata karena pulau tersebut memiliki panorama alam pulau yang cukup indah dan eksotik.

Selain itu kata dia, wilayah perairan Pulau Makassar juga memiliki terumbu karang dan beragam jenis ikan yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan perairan laut Wakatobi yang terletak di Pusat segi tiga terumbu karang dunia.

"Kalau di Wakatobi hanya alam bawah lautnya yang menjadi `surga`, di pulau Makassar panorama alam di darat juga bagai surga." katanya.

Jadi, berada di Pulau Makassar tidak hanya di alam bawah laut bisa menikmati surga tapi di daratanpun dapat menikmati surga berupa panorama alam yang cukup eksotis.

Oleh karena itu kata Amirul, warga Pulau Makassar harus menjaga kelestarian terumbu karang di wilayah pesisir pulau kecil di selat Pulau Buton itu, sehingga potensi perikanan di perairan laut pulau itu tetap terpelihara dan menjadi sumber pendapatan bagi kesejahteraan warga pulau.

"Keindahan alam bawah laut dengan terumbu karangnya yang indah, tidak hanya bisa menarik minat para wisatawan selam akan tetapi juga perikanan di dalam kawasan itu bisa menjadi sumber pendapatan warga," katanya.
(A056/Z002)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan