Sabtu, 25 Disember 2010

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Puncak Proses Penormalan Dua Arah

Posted: 25 Dec 2010 08:01 AM PST

Lalu Lintas

Puncak Proses Penormalan Dua Arah

Sabtu, 25 Desember 2010 | 16:01 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Arus lalu lintas di kawasan Puncak, Jawa Barat, mengalami kepadatan pada hari raya Natal, Sabtu (25/12/2010) pukul 15.48 WIB. Kepadatan arah naik lebih mendominasi arus lalu lintas. Hal ini seiring dengan meningkatnya jumlah warga yang menghabiskan masa liburan di sana.

Umumnya, kendaraan yang melintas di sana bernomor polisi Jakarta. Mereka bergerak menuju ke tempat wisata serta hotel dan vila di kawasan Puncak. Kepadatan arus lalu lintas di kawasan Puncak itu diperkirakan akan terus meningkat hingga perayaan Tahun Baru 2011.

Petugas saat ini sedang mencoba melakukan proses penormalan kembali. "Jalan Puncak sedang dalam proses penormalan dua arah, dimohon untuk bersabar," tulis info Twitter @TMCLantasBogor.

Pengendara diharapkan menaati aturan petugas dan tertib demi kenyamanan besama. Utamakan keselamatan dalam berkendara.

TMC

Sumber :

Editor: Hertanto Soebijoto Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Abu Bromo Mengandung Lapili dan Silika

Posted: 25 Dec 2010 07:25 AM PST

Gunung Bromo

Abu Bromo Mengandung Lapili dan Silika

Laporan wartawan Kompas Adi Sucipto

Sabtu, 25 Desember 2010 | 15:25 WIB

aloysius b kurniawan

ILUSTRASI: Kini warga semakin jauh mencari pakan ternak ke lokasi yang tidak terlalu banyak berabu Gunung Bromo atau harus membelinya satu benggek Rp 5.000.

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Masyarakat diminta waspada dan hati-hati dan diimbau mengenakan masker bila beraktivitas keluar rumah. Abu vulkanik yang keluar dari kawah Bromo dan mengguyur sejumlah wilayah Probolinggo, Lumajang, Malang, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya juga Madura mengandung lapili dan silika.

Selain mengganggu penglihatan dan pedih bila kena mata, abu vulkanik menyebabkan gangguan pernapasan hingga infeksi saluran pernapasan akut. Lapili merupakan bahan letusan gunung api berdiameter 2 mm hingga 50 mm dan berbentuk lava berongga yang kaku atau membundar.

Silika atau ada yang menyebut silikat merupakan material mineral kuarsa, silikon dioksida (SiO2). Bila terhirup, silikat bisa menyebabkan peradangan pada paru-paru yang dalam istilah kedokteran disebut silikosis.

Ketinggian rata-rata asap yang keluar dari kawah Bromo antara 1.200 meter dan 1.500 meter ke arah timur laut dan utara. Kegempaan tremor yang tercatat di pos pantau Cemorolawang rata-rata beramplitudo 15 mm hingga 30 mm.

Pemerintah Kabupaten Probolinggo mengimbau masyarakat mengenakan masker bila keluar rumah. Sebanyak 300.000 masker disiapkan dan dibagikan secara gratis. Namun, ada juga masyarakat yang memanfaatkan kesempatan berjualan masker Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

Erupsi Gunung Bromo mendorong partai politik dan organisasi kemasyarakatan untuk bergotong royong membersihkan abu. Sejumlah kader partai membersihkan tumpukan abu di depan masjid. Ada pula yang membagikan masker. Sementara itu, sejumlah sukarelawan juga menyingkirkan dahan dan tumpukan abu dari jalanan.

Adapun setiap keluarga di Dusun Punjul menerima bantuan 5 kg beras dari Departemen Sosial.

Editor: Hertanto Soebijoto Loading...

Kirim Komentar Anda

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan