Jumaat, 19 Julai 2013

Republika Online

Republika Online


Bikin Cokelat Sendiri Yuk, Ini Caranya

Posted: 19 Jul 2013 07:58 PM PDT

Sabtu, 20 Juli 2013, 09:58 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa bilang membuat cokelat itu sulit. Bahkan, membuat cokelat bisa dikerjakan di rumah sambil melibatkan anak-anak. Tentu, anak-anak akan sangat gembira bisa membuat sendiri makanan kegemaran mereka, dengan berbagai macam bentuk yang disukai. Bayangkan, membuat cokelat bersama si kecil pada hari libur. Sangat mengasyikkan bukan? Selain bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak, kegiatan membuat cokelat bersama anak juga bisa melatih kemandirian dan meningkatkan ketrampilan si kecil.

Berikut adalah langkah praktis membuat cokelat yang bisa Anda praktikkan bersama anak tercinta:

* Cokelat masak (cooking chocolate) dipotong kecil-kecil kemudian ditim agar meleleh. Satu saran untuk Anda, ketika melelehkan cokelat, jangan biarkan cokelat terlalu lama di atas kompor. Kalau sudah setengah menggumpal, matikan kompor karena cokelat akan meleleh dengan sendirinya. Perlu juga Anda catat, dalam melelehkan cokelat, jangan dicampur dengan air.

* Setelah cokelat meleleh dan kental, siapkan cetakan sesuai selera. Masukkan cokelat kental ke dalamnya. Bersama cetakannya, cokelat kemudian didinginkan di kulkas selama 10 hingga 15 menit. Agar hasil cetakan maksimal, selalu gunakan cetakan yang benar-benar bersih.

* Kini, cokelat dengan aneka bentuk menarik, siap dinikmati bersama seluruh anggota keluarga. Dijadikan bingkisan untuk tetangga atau teman? Tentu sangat oke.

Orang yang berpuasa akan menikmati dua kebahagiaan: bila ia berbuka puasa ia berbahagia, dan bila kelak ia berjumpa dengan Tuhan-nya iapun kembali berbahagia dengan puasanya.(Muttafaqun 'alaih)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Masak Pare Tanpa Rasa Pahit, Ini Jurusnya

Posted: 19 Jul 2013 05:59 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak suka rasa pahit dari pare? Coba dulu sajian berikut ini, pasti pendapat Anda tentang pare yang pahit bisa-bisa berubah menjadi pare si favorit. Ada dua jenis pare di pasaran. Pare yang berwarna hijau tak begitu pahit dibandingkan dengan pare yang berwarna putih. Untuk mengurangi rasa pahit pare, iris-iris pare sesuai kebutuhan resep, remas-remas dengan garam hingga pare terasa layu di tangan, cuci bersih, tiriskan, baru diolah lebih lanjut. Dibikin apa? Coba simak resep berikut ini.

PARE MASAK CUMI

Bahan

3 buah pare hijau

3 sdm minyak goreng

5 siung bawang putih, memarkan

2 cm jahe, memarkan

200 gram cumi, iris bentuk cincin

3 sdm saus tiram

1 sdm kecap manis

1/2 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk

2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat

1. Pare hijau, iris, cuci bersih, dan tiriskan.

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum, masukkan jahe dan cumi, masak hingga cumi berubah warna. 

3. Masukkan pare, saus tiram, kecap manis, garam, dan merica bubuk, masak hingga cumi matang, masukkan telur yang telah dikocok lepas, aduk rata, masak hingga matang, angkat. 

4. Sajikan hangat.

Untuk 4 orang

Tiada ulasan:

Catat Ulasan