Isnin, 1 Julai 2013

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Suryadharma Ali: ICW Buang-buang Energi

Posted: 01 Jul 2013 11:28 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Langkah Indonesia Corruption Watch (ICW) mengumumkan 36 nama calon legislatif yang diragukan komitmennya terhadap penegakan hukum dinilai melampaui batas. Indikator yang digunakan dianggap tidak jelas.

"Melampaui batas. Yang tidak perlu dipersoalkan, dipersoalkan, malah menjadi persoalan. Jadi, banyak energi terbuang karena mengurus persoalan itu," kata Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali seusai menghadiri rapat dengar pendapat bersama Komisi VIII DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (1/7/2013).

Meski begitu, Suryadharma mengaku tak heran dengan pernyataan ICW tersebut. Pasalnya, ia telanjur menganggap ICW sebagai organisasi yang sering menuduh tanpa alasan. "Kerjaan ICW memang begitu, nuduh-nuduh orang. Tanya dong yang dituduh nerima nggak," ujarnya.

Untuk diketahui, ICW mengeluarkan daftar 36 calon anggota legislatif yang diragukan komitmen antikorupsinya. Dalam daftar itu terdapat dua nama politisi PPP. Keduanya adalah Sekretaris Dewan Pakar PPP Ahmad Yani dan M Achmad Farial.

Pernyataan ICW ini sontak membuat geram hampir semua nama yang disebutkan. Beberapa di antaranya telah melaporkan ICW ke Bareskrim Mabes Polri dengan tuduhan fitnah.

Editor : Palupi Annisa Auliani

Persinyalan KRL Buruk, Dahlan Iskan Peringatkan Dirut PT LEN

Posted: 01 Jul 2013 09:38 AM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com — Seiring dengan penerapan tiket elektronik dan tarif progresif dalam pelayanan KRL commuter line, seluruh infrastruktur pendukung harus mulai ikut diremajakan. Salah satu yang menjadi perhatian adalah persinyalan dan pengaturan perlintasan kereta.

Pihak yang menangani persinyalan dan pengaturan perlintasan kereta itu adalah PT Lembaga Elektronika Nasional Industri (PT LEN Industri). Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai kinerja PT LEN Industri sejauh ini tidak memuaskan.

"Saya sudah peringatkan Dirut LEN harus selesaikan persinyalan pada tahun ini. Kalau tidak selesai, saya akan bilang untuk apa menjadi Dirut LEN," ujar Dahlan dalam acara peresmian penerapan tiket elektronik dan tarif progresif di Stasiun Manggarai, Senin (1/7/2013).

Dahlan pun menyatakan, jika dalam satu tahun mendatang masalah persinyalan masih sering terjadi, ia akan mencopot Abraham Mose dari jabatan Direktur Utama PT LEN Industri.

"Kalau tidak selesai juga, sama halnya seperti wartawan yang tidak bisa menulis berita," ujar Dahlan, yang memang pernah menjadi wartawan.

Tiket elektronik dan tarif progresif pada layanan KRL commuter line resmi diterapkan pada Senin (1/7/2013). Mengenai tarif, penumpang membayar Rp 2.000 untuk lima stasiun pertama dan menambah Rp 5.00 untuk setiap tiga stasiun berikutnya.

Hal tersebut menimbulkan masalah. Tarif progresif membuat biaya perjalanan lebih murah dibanding sistem satu tarif yang digunakan sebelumnya sehingga jumlah masyarakat yang ingin naik KRL commuter line pada Senin (1/7/2013) menjadi jauh lebih banyak.

Namun, mesin pemeriksa tiket tidak bekerja sesuai tuntutan. Masyarakat mengantre masuk peron lebih lama dari biasanya.

Masalah itu ditambah mogoknya sebuah KRL ekonomi Jakarta-Bogor di Stasiun Kalibata, Jakarta Selatan. Kereta mogok karena ada bagian pada sistem kelistrikan dalam kereta yang terbakar.

Editor : Tjatur Wiharyo

Tiada ulasan:

Catat Ulasan