Khamis, 31 Januari 2013

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Indonesia akan terus berkontribusi untuk KSS

Posted: 31 Jan 2013 07:08 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan terus memberikan kontribusinya di tengah masyarakat dunia terutama bagi Kerjasama Selatan-Selatan (KSS) yang banyak diikuti oleh negara-negara berkembang di kawasan Asia dan Afrika.

"Sebagai salah satu anggota masyarakat dunia, Indonesia selalu berperan untuk menyumbang dan berkontribusi bagi masyarakat dunia sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945," kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Indonesia AM Fachir di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis.

Dia mencontohkan, Indonesia akan terus mendukung kemerdekaan Palestina mengingat negara itu adalah satu-satunya anggota yang masih terbelenggu dalam penjajahan.

"Indonesia memberikan perhatian yang lebih kepada Palestina sebagai satu-satunya negara anggota yang belum merdeka. Negara kita juga mempunyai komitmen untuk memberikan pelatihan bagi 1.000 warga Palestina," kata dia.

Konflik Israel-Palestina mendapat perhatian khusus Indonesia, termasuk dalam forum multilateral. Selain dalam KSS, partisipasi Indonesia juga dilakukan melalui Sidang Majelis Umum PBB, Dewan Keamanan PBB dan Dewan HAM PBB.

Indonesia menyuarakan hak-hak rakyat Palestina termasuk hak untuk menentukan nasib mereka sendiri dan hak untuk berdirinya negara Palestina yang merdeka, berdemokrasi dan memiliki kemampuan ekonomi.

RI berusaha mendorong masyarakat internasional untuk membantu Palestina dalam menemukan solusi yang komprehensif lewat beberapa kerjasama.

Melalui KSS banyak hal bisa dilakukan secara bersama-sama oleh negara-negara Selatan untuk membantu rakyat Palestina keluar dari kemelut yang mereka alami.

Menurutnya penguatan koordinasi antaranggota KSS akan mampu menguatkan negara-negara anggota KSS mengingat anggotanya merupakan negara yang belum mapan dan mandiri secara ekonomi dan politik.

"Selain tujuan itu, Indonesia akan terus menguatkan kemitraan dengan berbagi pengalaman menjalankan roda pemerintahan dengan negara anggota KSS. Dan yang lebih penting lagi ialah semua program KSS harus selalu diarahkan untuk kepentingan nasional sesuai pertimbangan ekonomi, politik dan pencitraan," kata dia.

Kerjasama Selatan-Selatan Indonesia ditandai dengan inisiatif Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955. Kemudian ditindaklanjuti dengan terbentuknya Gerakan Non-Blok di tahun 1961 berpengaruh pada bangkitnya gerakan bersama negara-negara berkembang.

(A061)

Bos Djarum akui informasikan hubungan Ariel-Magdalena

Posted: 31 Jan 2013 07:06 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Direktur Program Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari, mengakui dirinya yang menginformasikan kabar hubungan pramugari, Magdalena Awuy dengan vokalis band "Noah", Nazriel Ilham alias Ariel melalui media online.

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada saudari Magdalena maupun pihak lain yang dirugikan pada persoalan ini," kata Renitasari usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Kamis.

Renitasari menuturkan tidak memiliki niat maupun motif untuk menghancurkan atau mencemarkan nama Magdalena maupun Ariel.

Renitasari berencana akan bertemu dan meminta maaf langsung kepada Magdalena yang melaporkan dugaan pencemaran nama baik terkait pernyataan Renitasari melalui media online.

Renitasari menambahkan dirinya akan menyelesaikan persoalan secara kekeluargaan dengan Magdalena melalui kesepakatan antarpengacara.

Terlapor juga berharap bisa menyelesaikan masalah dengan cara baik dengan pelapor karena Renitasari berteman dengan Magdalena.

Sebelumnya, seorang pramugari Magdalena Awuy melalui pengacaranya, Jeanne Margareth Dumais, melaporkan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan narasumber salah satu media massa online pada 21 November 2012.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/3993/XI/2012/PMJ/Ditreskrimum, Magdalena keberatan pemberitaan yang menyebutkan dirinya memiliki hubungan khusus dengan Ariel.

Menurut narasumber yang dirahasiakan media massa tersebut, Magdalena yang berprofesi sebagai pramugari kerap memberikan pelayanan khusus terhadap penumpang pesawat VIP termasuk Ariel.

Namun, Ariel maupun Magdalena membantah memiliki hubungan khusus seperti yang diberitakan salah satu media online. (T014/I007)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan