Rabu, 1 Ogos 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Biksu Berharap Isu Rohingya Disosialisasikan dengan Baik

Posted: 01 Aug 2012 06:09 AM PDT

JAKARTA - Ketua Sangha (kumpulan alim ulama) Mahayana, Suhu Duta Wira, menegaskan kedatangannya ke kantor PBNU adalah sebagai anak bangsa. Mereka berharap isu pembantaian Rohingya dapat disosialisasikan dengan baik.

"PBNU itu konsisten. Bahkan tentang Piagam Jakarta, kita duduk di sini karena anak bangsa. Kami berharap isu Rohingya dapat disosialisasikan," ujar Duta Vira di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (1/8/2012).

"Tentu, PBNU bisa mengimbau PBB dan lainnya," dia mengimbuhkan.

Komunitas Buddhis Indonesia sebelumnya juga menyuarakan kecamannya terhadap insiden pembantaian warga Rohingya di Myanmar. Mereka mengunjungi PBNU karena yakin, PBNU menjadi salah satu organisasi yang cukup berpengaruh di Indonesia.

Duta Vira menegaskan pula konflik di Myanmar harus cepat diselesaikan, sebelum menyebar dan menjadi isu yang liar. Pada dasarnya, konflik di Arakan adalah konflik komunal, namun banyak pihak yang tidak paham dan mendefinisikan konflik itu sebagai konflik agama.

Pimpinan sekolah Buddha itu juga mengambil contoh pengurusan kewarganegaraan yang dilakukan Indonesia terhadap warga China di Tanggerang. Menurutnya, mekanisme itu bisa diselesaikan dengan mekanisme serupa.(faj)

Terlibat Narkoba, Jenderal di Meksiko Ditahan

Posted: 01 Aug 2012 06:08 AM PDT

MEXICO CITY - Jaksa penuntut di Meksiko mengeluarkan dakwaan terhadap tiga orang jenderal dan seorang letnan kolonel yang terlibat dalam operasi penyelundupan narkoba. Ketiga jenderal itu diketahui memiliki kaitan dengan kelompok kartel narkoba di Meksiko.

Jenderal Roberto Dawe Gonzaler dan pensiunan Jenderal Tomas Angeles Dauahare, Ricardo Escorcia Vargas, serta letkol Silvio Hernandez Soto, ditangkap pada Mei lalu oleh pihak keamanan Meksiko. Mereka dituduh memiliki kaitan erat dengan kartel Beltran Leyva. Namun mereka menolak semua tuduhan tersebut.

Keempat perwira ini adalah perwira dengan pangkat tertinggi yang pernah ditangkap terkait kasus narkoba, selama enam tahun terakhir. Dakwaan terhadap keempatnya pun sama, yakni terlibat kejahatan terorganisir untuk mengedarkan narkoba. Demikian diberitakan BBC, Rabu (1/8/2012).

Penangkapan terhadap para jenderal ini tentunya mengejutkan pihak militer Meksiko. Ketiganya diketahui menjabat prosisi strategis selama masih aktif.

Jenderal Angeles sempat menjadi asisten Menteri Pertahanan pada 2006 hingga 2008, usai pensiun. Sedangkan Jenderal Escorscia menjadi Komandan Militer di daerah Morelos. Wilayah ini dianggap sebagai daerah kekuasaan dari Beltran Leyva. Escorscia pensiun pada 2010.

Sementara Jenderal Dawe memimpin pangkalan militer di wilayah Colima barat. Daerah ini adalah rute penyelundupan narkoba yang penting dilalui oleh para kartel narkoba.

Sejak mantan Presiden Felipe Calderon berkuasa 2006 lalu, kartel narkoba secara sistematis dibasmi. Perang terhadap narkoba pun menyebabkan kematian sekira 50 ribu warga.(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan