Ahad, 15 April 2012

Republika Online

Republika Online


Ogah Kena Kanker? Berhenti Merokok Sekarang Juga!

Posted: 15 Apr 2012 09:03 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak alasan yang menghalangi jalan menuju pencegahan kanker, namun profesor Universitas Washington Graham Colditz mengatakan banyak jenis kanker dapat dicegah, dimulai dengan sepertiga jumlah kanker yang terkait rokok. 

"Kita bisa mencegah lebih dari 70 persen kanker yang disebabkan oleh rokok di Amerika Serikat seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker ginjal, kanker kepala dan leher - semua karena merokok. Yang lain juga dalam daftar itu," kata Profesor Colditz.

Colditz dan rekan-rekannya memperoleh perkiraan itu dengan memproyeksikan situasi di negara bagian yang memiliki tingkat kanker terendah di Amerika.

Ia mendasarkan analisisnya pada data dari berbagai studi di Amerika Serikat, tapi dia mengatakan pencegahan kanker sama pentingnya di negara lain, walaupun strategi mereka mungkin berbeda.

Saat merokok menjadi target besar di negara berpendapatan rendah dan menengah, dia mencatat demikian juga dengan infeksi yang sering terkait dengan kanker.

"Kanker hati dari hepatitis, kanker mulut rahim dari HPV [Human Papilloma Virus.] Jadi asal-usul infeksi mewakili persentase lebih besar untuk kanker dalam keadaan tersebut,'' ujarnya.

Karena berbagai alasan, kata Colditz, riset kanker sangat berfokus pada pengobatan. "Pada kenyataannya, jika kita dapat mengalihkan sedikit saja penelitian itu untuk pencegahan, kita akan memberi sumbangan besar bagi masyarakat,''ungkap Colditz.

Tapi bukan hanya tenaga medis yang berperan. Apa yang kita makan, berapa banyak kita berolahraga, suasana di tempat kerja - ini adalah sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan kita secara umum, dan risiko terkena kanker pada khususnya. Para legislator, kata Colditz, dapat mengatur paparan zat penyebab kanker.

Selanjutnya, Colditz mengungkapkan, "Kita butuh semua anggota masyarakat untuk menerima tanggungjawab dan strategi untuk mempertahankan gaya hidup yang sehat dan menghindari kanker."

Croissan Tahu, Ini Dia Resepnya

Posted: 15 Apr 2012 07:04 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Croissan Tahu

Bahan:

Seperempat kg makaroni direbus lalu ditiris

5 tahu ukuran sedang, dicincang kasar

3 wortel diserut lembut

100 gr daging giling

Bumbu dihaluskan:

2 siung bawang merah

3 siung bawang putih

Seperempat sendok teh ketumbar

4 butir kemiri

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

3 cm ruas laos

penyedap rasa secukupnya

garam secukupnya

3 biji cabai merah besar buang isinya

Cara membuat:

Tumis semua bumbu sampai harum, kemudian masukkan daging cincang, masak lagi sampai matang. Terakhir, masukkan makaroni, wortel serut, dan tahu.

Tuang adonan pada loyang dan kukus.

Jika sudah dingin, keluarkan adonan

Iris-iris adonan dan celupkan kocokan telur, goreng hingga kecokelatan dan matang.

Jika ingin lebih segar, dipadukan dengan acara mentimun dan cabai rawit.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan