Ahad, 27 November 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Penyelamatan Korban Jembatan Kutai Harus Diprioritaskan

Posted: 27 Nov 2011 01:07 AM PST

JAKARTA – Pemerintah harus memprioritaskan dalam penangan para korban insiden ambruknya jembatan Kutai Kertanegara yang menghubungkan dua kota Tenggarong-Tenggarong Seberang dan Samarinda.  
Selain itu, hal yang tak kalah penting lagi bagi pemerintah agar mencari jalan keluar dalam memulihkan stabilitas perekonomian dua kota tersebut.
 
"Menurut saya prioritas pertama adalah penanganan para korban. Selanjutnya langkah-langkah pemerintah untuk mencari solusi agar kegiatan, khususnya perekonomian masyarakat di daerah sekitar tidak berhenti total," ujar Sekretaris Fraksi PPP Arwani Thomafi kepada okezone, Minggu (27/11/2011).
 
Lanjut anggota Komisi V itu, pemerintah juga harus melakukan penyelidikan menyeluruh tentang penyebab ambruknya jembatan yang melintasi Sungai Mahakam.
 
"Yang ketiga investigasi secara menyeluruh terkait sebab runtuhnya jembatan ini harus dilakukan," imbuhnya.
 
Ketua Bidang Komunikasi partai berlambang Kabah itu menyatakan bahwa Komisi Perhubungan DPR akan memanggil Menteri Pekerjaan Umum. Pemanggilan itu untuk menanyakan langkah taktis dan standarisasi tentang perawatan jembatan.
 
"Minggu depan Komisi V akan mengadakan raker dengan Menteri PU. Kita akan dorong pemerintah untuk segera melakukan langkah-langkah taktis terkait penanganan pascaruntuhnya jembatan tersebut. Juga kita akan tanyakan tentang standar perawatan jembatan. Agar di cek apakah perawatan jembatan sudah sesuai dengan standar yang seharusnya," tegasnya.
 
"Kejadian Jembatan Tenggarong harus menjadi evaluasi atas pelaksanaan perawatan jembatan-jembatan yang lain," tukasnya.

(ful)

Full content generated by Get Full RSS.

DPR: Usut Tragedi Ambruknya 'Golden Gate' Kalimantan!

Posted: 27 Nov 2011 12:34 AM PST

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi V DPR Abdul Hakim mendesak agar pihak kepolisian untuk segera melakukan penyelidikan terkait insiden ambruknya jembatan Kutai Kertanegara yang menghubungkan dua kota Tenggarong-Tenggarong Seberang dan Samarinda.

Penyelidikan itu untuk mengetahui secara mendetail tentang penyebab ambruknya jembatan yang melintasi Sungai Mahakam tersebut.

"Pihak penegakkan hukum segera melakukan investigasi terhadap tragedi tersebut," ujar Abdul saat berbicang dengan okezone melalui pesan singkat, Minggu (27/11/2011).

Selain itu, kata Abdul,investigasi itu untuk mengetahui apakah memang terjadi kelalaian bagi pihak yang bertanggung jawab dalam hal perawatan jembatan tersebut. Jika terbukti ada kelalaian maka pihak berwajib harus mengenakan sanksi pidana terhadap penyelenggara itu.

"Jka ada indikasi kelalaian penyelenggara jalan, karena tidak melakukan perawatan, atau tidak melakukan audit teknis berkala, penyelenggara sesuai dengan UU LLAJ 22/2009, dapat dikenakan sanksi pidana," kata anggota Fraksi PKS yang sebentar lagi akan pindah ke Komisi VIII ini.

(ful)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan