Khamis, 1 Disember 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Turki Kecam Rencana Serangan Iran

Posted: 01 Dec 2011 06:02 AM PST

ANKARA - Pemerintah Turki melayangkan surat protesnya ke Komandan Pasukan Garda Revolusi Iran Amir Ali Hajizadeh yang berniat untuk menyerang instalasi pertahanan misil North Atlantic Treaty Organization (NATO) di Turki.

Pada pertemuan Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Jeddah, Arab Saudi, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi dan membahas masalah ini.

Hajizadeh sebelumnya mengatakan, Iran siap menyerang instalasi misil yang ada di Turki bila misil-misil itu mengancam Iran. Beberapa pejabat Iran bahkan mengatakan, misil-misil itu tak lain adalah mata Israel.

"Bila kami terancam, kami siap untuk menghancurkan misil NATO di Turki," ujar Hajizadeh, seperti dikutip Trend, Kamis (1/12/2011).

Salehi pun berkomentar dengan mengatakan, pernnyataan Hajizadeh bertentangan dengan sikap Pemerintah Iran.

Sistem pertahanan misil itu merupakan satu hal yang dikecam oleh Iran, Iran sejak dulu sudah mendesak Turki agar menarik diri dari perjanjian misil tersebut dan tidak membiarkan wilayahnya dijadikan sarana pertahanan bagi Barat.

Salehi juga tampak khawatir akan memburuknya hubungan Turki dan Iran. Saat ini, Menteri Luar Negeri Iran itu juga mengajak Turki agar terus bekerja sama dengan Iran demi menghindari perselisihan.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

Inggris Desak Uni Eropa Perkuat Sanksi ke Iran

Posted: 01 Dec 2011 05:02 AM PST

BRUSSELS - Inggris mendesak negara-negara anggota Uni Eropa agar memperkuat sanksi ekonominya terhadap Iran, setelah Negeri Persia itu melakukan serangan ke kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague yang sedang mengadakan rapat dengan rekanannya dari Uni Eropa mengatakan, selama ini Uni Eropa sudah menunjukkan solidaritasnya lewat dari Prancis, Jerman, dan Belanda yang memulangkan Duta Besarnya di Teheran, Iran.

"Pada pertemuan ini, saya akan memberikan anjuran untuk memperkuat sanksi ekonomi Iran. Sanksi ini bertujuan untuk meningkatkan isolasi Iran dari sektor ekonomi," ujar Hague, seperti dikutip AFP, Kamis (1/12/2011).

Kasus Iran memang menjadi pokok perhatian di rapat Uni Eropa yang sedang berlangsung saat ini, karena adanya insiden penyerangan di Kedubes Inggris di Iran.

Inggris juga sudah mengambil langkah tegas terhadap Iran dengan memerintahkan seluruh diplomat Iran agar meninggalkan London dalam waktu 48 jam. Tindakan ini pun dikecam keras oleh pejabat Iran dan bahkan anggota Parlemen Iran.

Menurut Iran, sikap Inggris sangatlah tergesa-gesa dan Inggris juga harus mengubah pola pikirnya.

Hingga saat ini, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad belum melontarkan komentarnya terkait masalah penyerangan Kedubes Iran. Namun, Departemen Luar Negeri Iran mengatakan, serangan ini merupakan peristiwa yang tak terduga. Iran juga sudah menangkap para tersangka pelaku serangan tersebut.(rhs)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan