Isnin, 31 Januari 2011

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Tim Evakuasi WNI Dilepas Dua Menteri

Posted: 31 Jan 2011 05:35 PM PST

Tim Evakuasi WNI Dilepas Dua Menteri

Penulis: Suhartono | Editor: yuli

Selasa, 1 Februari 2011 | 01:35 WIB

KOMPAS/PRIYOMBODO

Hassan Wirajuda

TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Senin (31/1/2011) pukul 24.00 WIB, melepas keberangkatan tim pendahulu Satgas Evakuasi WNI dari Mesir.

Pelepasan dilakukan di tangga pesawat Garuda Indonesia Boeing 747-400 di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Kedua menteri juga didampingi Ketua Satuan Tugas (Satgas) Evakuasi WNI dari Kairo, Hassan Wirajuda.

Setelah menyalami seluruh anggota Tim Pendahulu Satgas Evakuasi WNI, kedua menteri dan Hassan Wirajuda yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) naik ke pesawat.

Tim Pendahulu Satgas Evakuasi WNI dari Kairo dipimpin oleh Wakil Ketua Satgas Marsekal Madya Sukirno, yang sehari-hari Wakil Kepala Staf TNI-AU.

Jumlah Tim Pendahulu sebanyak 19 orang, terdiri dari unsur TNI-AU, TNI-AL Kementerian Perhubungan, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri serta Komandan Korps Marinir Affan Gafar.

"Karena mau mengangkut orang, maka yang berangkat mendahului hanya sedikit. Selebihnya, nanti untuk mengangkut WNI yang akan dipulangkan ke Indonesia terlebih dulu," ujar Marty.

Pesawat dua tingkat berkapasitas 450 orang itu tinggal landas pada Selasa (1/2/2011) pukul 24.30 WIB.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Selasa Pagi, Pemulangan WNI Tahap I

Posted: 31 Jan 2011 03:49 PM PST

Mesir Memanas

Selasa Pagi, Pemulangan WNI Tahap I

Penulis: Suhartono | Editor: I Made Asdhiana

Senin, 31 Januari 2011 | 23:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menlu Marty Natalegawa mengatakan pemulangan warga negara Indonesia (WNI) tahap pertama dari Kairo, Mesir ke Jakarta dijadwalkan pukul 08.00 waktu setempat. Pasalnya, saat itu adalah berakhirnya jam malam. Direncanakan sekitar 400 WNI yang terdiri dari wanita dan anak-anak mendapatkan prioritas pemulangan.

Hal itu dikemukakan Marty saat ditanya pers di ruang VIP Bandara Soekarno-Hatta, Senin (31/1/2011) malam.

"Setelah pukul 8 pagi kita akan melihat lagi apakah akan dilanjutkan pemulangan tahap berikutnya atau tidak. Jika diputuskan akan dilakukan pemulangan kembali, barulah dua pesawat yang standby di Jakarta yakni Lion Air dan Batavia Air diputuskan berangkat menuju Kairo," kata Marty.

Malam ini pesawat yang akan berangkat pertama adalah Boeing 747-400 Garuda Indonesia. Menurut Marty hasil perkembangan akan langsung dilaporkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Dari situlah baru diketahui apakah Ketua Satgas Pemulangan WNI dari Kairo yaitu Hassan Wirajudha diputuskan menyusul atau tidak menuju Kairo," jelas Marty.

Lebih rinci Marty menyatakan, besok direncanakan sebanyak 400 WNI yang tersebar di empat titik akan diangkut dengan bus sewaan oleh KBRI menuju bandara Kairo. "Kita hanya punya waktu sampai pukul 15.00 untuk memulangkan WNI ke Jakarta. Sebab pukul 15.00 sudah dimulai lagi jam malam," tambah Marty.

Mengenai jadwal keberangkatan malam ini, Marty menyebutkan pukul 23.45 dengan pesawat Garuda. Namun karena masih ada pengurusan paspor dan visa, keberangkatan masih belum dipastikan. Marty tidak ikut berangkat menuju Kairo malam ini.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan