Khamis, 25 Julai 2013

Republika Online

Republika Online


Pemasangan Patung GWK Digulirkan Kembali

Posted: 24 Jul 2013 09:28 PM PDT

Kamis, 25 Juli 2013, 11:28 WIB

Republika/Agung Fatma Putra

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Proyek pemasangan patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di kawasan Jimbaran, Kabupaten Bandung, Bali akan digulirkan kembali. Pemasangan patung setinggi 126 meter itu diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp 157 miliar, lebih besar dari biaya pembuatannya yang mencapai Rp 150 miliar.

"Biaya pemasangan itu jauh lebih besar dari pembuatan patung GWK dengan total berat 3.000 ton senilai Rp150 miliar," kata Nyoman Nuarta sebagai inisiator dan seniman GWK di Bengkel kerjanya di Badung, Kamis.

Dana yang cukup besar, sebut Nuarta, lantaran pengerjaannya yang sangat rumit dan penuh risiko.

"Kita di Indonesia sangat minim pengalaman mengerjakan proyek ke atas. Potongan ornamen GWK ini baru setinggi enam meter, untuk mencapai 126 meter
harus ada 21 ornamen sejenis ini berjejer ke atas," tutur Pria kelahiran Tabanan 62 tahun yang silam.

Serpihan ornamen GWK setinggi enam meter itu masih harus dipotong lagi menjadi dua bagian untuk memudahkan pengangkutannya ke Bali.

13 modul yang siap dikirim ke Bali, akan dilakukan secara bertahap sebelum pembangunan lanjutan GWK digarap mulai 23 Agustus 2013.

Nuarta menambahkan, untuk mengangkut serpihan GWK seberat 3.000 ton itu ke Bali diperlukan sekitar 400 truk besar yang dilakukan secara bertahap selama tiga tahun mendatang.

Patung GWK yang baru itu akan memiliki tinggi 75 meter dengan rentang sayap garuda sepanjang 64 meter, sedangkan tinggi pedestal 60 meter. Oleh karena itu, tinggi patung dan pedestal secara kesuluruhan akan menjulang setinggi 126 meter.

"Pembangunan megaproyek itu merupakan hasil kerja sama yang melibatkan berbagai latar belakang profesi dan disiplin ilmu yang sebelumnya melakukan penelitian dan pengkajian menyangkut berbagai aspek," ujar Nyoman Nuarta.

Redaktur : Hazliansyah
Sumber : Antara

Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Baqarah [2]:110)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan