Ahad, 25 Disember 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Ikhwanul Muslimin Kembali Unggul di Pemilu Mesir Putaran Kedua

Posted: 25 Dec 2011 05:32 AM PST

KAIRO - Ikhwanul Muslim kembali memenangkan dua pertiga suara dalam pemungutan suara di putaran kedua. Pemungutan suara ini akan membantu rancangan konstitusi baru setelah beberapa dekade Mesir berada di bawah pemerintahan otokrasi.

"Partai Keadilan dan Kebebasan meraih 36,3 persen suara, Partai Al Nour meraih 28,8 persen serta urutan ketiga ditempati oleh Partai Wafd yang beraliran liberal dengan perolehan 9,6 persen suara" ujar panitia pelaksanaan pemilu seperti dikutip Reuters Minggu, (25/12/2011).

Pekerjaan utama parlemen terpilih nantinya adalah merancang konstitusi baru yang akan menentukan kekuasaan Presiden dan pengaruh parlemen di Mesir.

Para pengamat mengatakan koordinasi yang buruk di kalangan kelompok non-Islamis telah menyebabkan pecahnya suara liberal.

Pemilu demokratis pertama di Mesir pasca runtuhnya rezim Mubarak telah diwarnai dengan bentrokan berdarah antara pasukan pemerintah dan pengunjuk rasa yang menuntut segera diakhirinya kekuasaan militer.

Pasca jatuhnya rezim Mubarak, militer mengambil alih sementara kepemimpinan Mesir hingga pemilihan presiden digelar pada pertengahan 2012 mendatang. (kha)(ahm)

Full content generated by Get Full RSS.

Nigeria Diguncang Bom di Hari Natal

Posted: 25 Dec 2011 04:34 AM PST

ABUJA - Sebuah bom meledak di gereja Katolik di pinggiran ibukota Nigeria, Abuja selama misa Natal berlangsung pada hari Minggu (25/12/2011).

Otoritas setempat mengatakan mereka tidak memiliki persediaan ambulans yang cukup untuk mengevakuasi korban tewas dan terluka akibat pemboman tersebut.

"Ya, Saya mengkonfirmasikan kepada Anda bahwa telah terjadi ledakan bom di sebuah gereja di Madala (pinggiran kota)," ujar juru bicara Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) Yushau Shuaibu melalui telepon seperti dikutip Reuters Minggu, (25/12/2011).

"Kami saat ini tengah mengevakuasi korban tewas dan terluka namun sayangnya kami tidak memiliki ambulans yang cukup. Sebagian ambulans sedang beroperasi di jalan raya utama di Abuja," imbuhnya.

Belum dapat diketahui pasti siapa dalang dibalik aksi pemboman tersebut namun Kelompok Islam Militan Boko Haram disinyalir adalah dalang dibalik aksi teror ini.

Kelompok militan Boko Haram dituduh menjadi dalang atas serangkaian aksi teror yang belakangan ini terjadi di Nigeria.

Kelompok Militan tersebut memperjuangkan pelaksanaan hukum syariah Islam di Nigeria dan membagi rata wilayah Nigeria antara Kristen dan Muslim. (kha)(ahm)

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan