Isnin, 18 Julai 2011

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Logistik di Distrik Terjauh Didahulukan

Posted: 18 Jul 2011 07:44 AM PDT

MANOKWARI, KOMPAS.com - Pengiriman logistik pemilihan kepala daerah (pilkada) Papua Barat periode 2011-2016 untuk Kabupaten Manokwari, mulai dilakukan Senin (18/7/2011) pagi. Lokasi yang diprioritaskan adalah distrik-distrik yang terjauh dengan pusat kota.

Sejak Senin pagi, sejumlah petugas dan pekerja di KPU Kabupaten Manokwari, sibuk mengangkut kotak, bilik, dan surat suara. Ketiga logistik itu diangkut ke belasan mobil ranger (dobel gardan), yang akan dibawa ke beberapa distrik yang paling jauh dan medannya susah.

Menurut Kepala Divisi Hukum KPU Manokwari, William Wamati, pendistribusian dilakukan dua hari, Senin dan Selasa (19/7/2011). Prioritasnya adalah 19 distrik yang terletak jauh dan medan jalan menuju ke distrik itu susah, karena belum tersambung jalan aspal. Waktu tempuhnya lebih dari 4 jam, dan jalan dilewati berupa jalan tanah.

Di dua distrik, Distrik Didohu dan Membey, bahkan jembatannya putus. Untuk memindahkan logistik dari satu sisi sungai harus memakai alat berat ekskavator. "Kalau tidak dikirim hari ini, takutnya tidak tepat waktu sampai di lokasi," tambah William.

Penyaluran pada hari Selasa adalah untuk enam distrik yang dekat pusat kota dan akses jalannya sudah tersambung. Total dikirim 613 kotak suara, 1.226 bilik suara, dan sekitar 155.323 surat suara yang didistribusikan untuk 25 distrik di Manokwari. Pada hari pertama, Senin,  sekitar 74.000 lembar surat suara didistribusikan, dan 81.000 lembar sisanya dikirim Selasa.

Semua pengiriman di Manokwari dilakukan lewat jalur darat, karena armada angkutan udara yang terbatas. Belum ada kendala pengiriman hingga Senin siang. Beredar informasi, pendukung tiga kandidat yang menolak pelaksanaan pemilu berencana menyandera logistik yang dikirim ke beberapa distrik di Manokwari. Namun menurut William, peristiwa itu tidak terjadi.

Untuk keamanan, pengiriman logistik dikawal oleh dua aparat keamanan, sampai ke panitia pemungutan suara. Rencananya, hari pencoblosan pilkada Papua Barat akan digelar 20 Juli 2011 yang diikuti oleh empat kandidat.

 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Peminat Solar Nonsubsidi Sangat Sedikit

Posted: 18 Jul 2011 07:37 AM PDT

Bahan Bakar Minyak

Peminat Solar Nonsubsidi Sangat Sedikit

Defri Werdiono | Agus Mulyadi | Senin, 18 Juli 2011 | 14:37 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Di tengah kirisis bahan bakar minyak jenis solar yangg sudah berlangsung berbulan-bulan, konsumen peminat solar nonsubsidi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sangat sedikit.

Dari tiga stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) yang ditetapkan menjual solar nonsubsidi sejak sekitar 1,5 bulan lalu, semuanya sepi pembeli. Pemandangan ini jauh berbeda dengan kondisi di SPBU yang menjual solar bersubsidi, yang penuh oleh antrean kendaraan, termasuk truk tambang galian C.

Dua pengawas SPBU Pulau Laut dan SPBU Sabilal Muhtadin, Arif dan Ardiansyah, yang ditemui terpisah, Senin (18/7/2011), menuturkan, jika biasanya stok (saat masih melayani solar bersubsidi) 10.000 liter habis dalam 6-7 jam, saat ini (melayani nonsubsidi) dua pekan belum tentu habis.

"Sehari permintaan tidak lebih dari 300 liter," ujar Ardiansyah.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan