Khamis, 12 Mei 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Jepang Musnahkan Ternak di dalam Zona Nuklir

Posted: 12 May 2011 04:03 AM PDT

TOKYO - Jepang akan mulai memusnahkan ternaknya yang berada di 20 kilometer zona evakuasi sekitar reaktor nuklir Fukushima. Sebelumnya para petani terpaksa meninggalkan sapi, babi, ayam dan hewan ternak lainnya pada saat gempa mengguncang Jepang Maret lalu.


Lebih dari 10.000 sapi yang hasil turunnannya sangat dibanggakan oleh prefektur Fukushima harus ditinggalkan karena mereka menyelamatkan diri. Akibatnya, hewan-hewan tidak ada yang merawatnya dan danyak diantaranya terkunci di gudang dan mati kelaparan.


"Kami memutuskan untuk memusnahkan ternak yang berada di jarak 20 kilometer dari reaktor Fukushima dengan izin dari para pemiliknya," ungkap juru bicara pemerintah Yukio Edano seperti dikutip News.com.au, Kamis (12/5/2011).


Edano mengatakan bahwa pemusnahan ini adalah langkah terakhir sejak para pemilik tidak dapat memberikan makanan pada ternaknya dikarenakan daerah ternak dianggap sebagai zona berbahaya.


Edano memastikan pihak pemerintah akan memberikan ganti rugi atas semua ternak yang dimusnahkan. Sejak Gempa yang melanda Jepang, PLTN Fukushima mengalami kebocoran. Kebocoran ini memicu pengawasan ketat terhadap produk ternak dan pertanian. 
(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ratusan Warga Antre Makanan Pasca gempa

Posted: 12 May 2011 03:11 AM PDT

LORCA - Ratusan warga Spanyol mengantre makanan di Kota Lorca usai gempa 5,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah tersebut. Mereka sebelumnya dievakuasi dari tempat tinggal mereka yang hancur akibat gempa.


Wali Kota Lorca Fransisco Jodar melaporkan sebanyak 90 ribu penduduk saat ini tinggal di luar rumah pascaterjadinya gempa bumi. Jumlah korban tewas direvisi menjadi delapan orang, dari sebelumnya yang lebih tinggi yakni 10 orang.


"Kami menghabiskan malam hari di pusat kota, para petugas penyelamat memberikan kami makanan dan selimut. Kita tidak diperbolehkan masuk ke apartemen sebelum teknisi datang dan mengecek bangunan," menurut seorang imigran Ekuador Edgar Rosales seperti dikutip Reuters, Kamis (12/05/2011).


Rosales mengatakan, gempa bumi menghantam bahan makanan yang ada di tokonya dan menyebabkan putrinya terluka, karena tertimpa makanan yang didagangkannya. "Terpenting saat adalah kami semua selamat," lanjut Rosales.


Partai sosialis dan Partai Popular yang beroposisi terpaksa menghentikan kampanye mereka di Negeri Matador menjelang pemilu regional yang akan berlansung 22 Mei mendatang, demi menghormati para korban bencana alam.


Pemerintah Spanyol pun bergerak cepat menghadapi bencana ini. Sebanyak 200 personil militer diturunkan untuk mendistribusikan bantuan kepada korban gempa. 


Gempa yang mengguncang Spanyol hari ini, menyebabkan kerusakan berat namun korban jiwa jarang tercatat besar dalam bencana tersebut. 


Seperti hal korban gempa yang mencapai delapan orang tewas, pada gempa 1997 pun hanya menyebabkan satu orang tewas. Sementara korban gempa di tahun 1969 di Huelva, menewaskan 19 orang.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen