Jumaat, 6 Mei 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Menlu ASEAN Bahas Aspek Persiapan KTT

Posted: 06 May 2011 07:13 AM PDT

JAKARTA - Hari ini tiga pertemuan dilakukan oleh menteri ASEAN. Tiga pertemuan membahas aspek-aspek yang akan dibahas dalam pertemuan tingkat kepala negara ASEAN 7 Mei besok.

Tiga pertemuan tersebut mencakup pertemuan Dewan Komunitas Politik Keamanan ASEAN, pertemuan menlu ASEAN dan Dewan Koordinasi ASEAN.

Inti pembahasan persiapan KTT ASEAN, Sabtu-Minggu, membahas masalah yang menjadi perhatian bersama, ungkap Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dalam konferensi pers di pertemuan KTT ASEAN, di JCC, Jakarta, Jumat (6/5/2011).

Isu yang dibahas antara lain, kerja sama bidang kontraterorisme, perdagangan manusia, pemeecahan konflik. Dibicarakan juga tentang perkembangan di Myanmar, masalah konflik Kamboja dan Thailand, serta pembentukan ASEAN Institute for Peace and Reconsiliation.

Menlu menambahkan, bahwa pertemuan itu juga membahas inisiatif Indonesia masalah perbatasan Laut China Selatan serta pekerja migran, demokratisasi, dan upaya-upaya lain menciptakan ASEAN yang lebih memasyarakat.

Marty juga menambahkan masalah keanggotaan Timor Leste juga dibahas dalam pertemuan ini. Menurutnya aplikasi keanggotaan ASEAN yang diajukan oleh Timor Leste diserahkan kepada para pemimpin negara anggota ASEAN.

Menurut mantan Duta Besar Indonesia untuk Inggris tersebut, keanggotaan Timor Leste hanya bisa diputuskan oleh para pemimpin, bukan di level menteri luar negeri.(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kesiapan Myanmar Jadi Ketua ASEAN 2014 Akan Dicek

Posted: 06 May 2011 07:10 AM PDT

JAKARTA - Keinginan Myanmar menduduki posisi Ketua ASEAN lebih cepat dari yang dijadwalkan turut dibahas dalam pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN. Pertemuan memutuskan untuk membawa permasalahan ini ke tingkat kepala negara.
 
"Keputusan ini akan dibuat pada pertemuan pemimpin besok, jadi tidak ada keputusan yang dibuat pada tingkat menteri," ujar Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dalam konferensi pers di pertemuan KTT ASEAN di JCC, Jakarta, Jumat (6/5/2011).
 
Myanmar sendiri meminta untuk menjadi Ketua ASEAN pada 2014 menggantikan Laos. Sebelumnya Myanmar dijadwalkan untuk menjadi Ketua ASEAN pada 2016. "ASEAN saat ini  akan melakukan kunjungan ke Myanmar untuk melihat kesiapan mereka di disaat krisis dan kesiapan mereka diluar segi pengaturan," lanjutnya.
 
Menurut Marty, ASEAN akan terus melihat perkembangan dari isu ini. "Ini belum dibahas, bisa besok atau nanti," tuturnya.
 
Memang permintaan Myanmar menjadi Ketua ASEAN ditahun 2014 cukup mengejutkan. Tahun tersebut merupakan masa krisis karena pada 2015 ASEAN akan lepas landas menuju Komunitas Global ASEAN, yang tentunya memiliki banyak target yang harus dipenuhi.
 
Rencana pertukaran Ketua ASEAN pada 2014 ini sudah disetujui oleh Myanmar dan Laos. Permintaan pergantian ketua ASEAN ini diajukan oleh Presiden Myanmar Thein Sein kepada pihak ASEAN.
 
Pertukaran ini sempat dilakukannya oleh Indonesia dengan Brunei Darussalam. Indonesia seharusnya menjadi Ketua ASEAN pada 2013 mendatang. Namun dengan Indonesia menjadi Ketua APEC juga di tahun 2013, Indonesia meminta tukar tempat dengan Brunei.
(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan