Rabu, 4 Mei 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Pejabat ASEAN Mulai tiba di Jakarta

Posted: 04 May 2011 07:37 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Para menteri dan rombongan negara-negara ASEAN mulai tiba di Jakarta, Kamis, untuk mengikuti rangkaian pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-18 ASEAN.

Data Satuan Tugas Pengamanan Bandara untuk KTT ASEAN 2011 yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis menyebutkan para menteri dan delegasi ASEAN itu tiba melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma.

Komandan Wing 1 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Kolonel Pnb Tribowo selaku penanggung jawab pengamanan di Bandara- Soekarno Hatta, mengatakan, ada lima pejabat negara ASEAN yang tiba melalui bandara tersebut.

"Rencana ada enam pejabat negara ASEAN yang tiba melalui Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Keenam pejabat itu adalah sekretaris deputi Perdana Menteri Thailand, Menteri Perindustrian Vietnam, Menteri Perdagangan Myanmar, Menteri Luar Negeri Myanmar, Menteri Luar Negeri Laos dan Menteri Luar Negeri Kamboja.

Sedangkan pejabat ASEAN yang tiba melalui Bandara Halim Perdanakusuma adalah Kepala Negara Myanmar Jenderal U Thein Sein.

KTT ke-18 ASEAN akan membahas sejumlah isu seputar tiga pilar ASEAN menuju percepatan pembentukan Komunitas ASEAN pada 2015.

Ketiga pilar itu, antara lain, politik dan keamanan, ekonomi, serta sosial dan budaya.

Mengenai isu politik dan keamanan, beberapa agenda yang dibahas terkait isu kejahatan transnasional, termasuk terorisme, dan penanganan konflik antaranggota ASEAN secara damai menyusul konflik perbatasan berdarah antara Thailand dan Kamboja, beberapa waktu belakangan.

Sedangkan isu seputar pilar ekonomi ASEAN, KTT antara lain, akan membahas keamanan energi dan pangan.

Dan tentang isu sosial dan budaya, para delegasi negara anggota ASEAN akan membahas pembentukan komunitas ASEAN. Dalam KTT juga akan dilakukan evaluasi dan penilaian terkait pencapaian setiap negara anggota ASEAN mengenai ketiga pilar utama tersebut.
(R018/A011) 

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Pemimpin Al Qaida Kaukasus Utara Tewas

Posted: 04 May 2011 06:16 PM PDT

Moskow (ANTARA) - Utusan Al Qaida di Kaukasus Utara dan kepala koordinator urusan internasional di wilayah bergolak, tewas dalam operasi khusus di Chechnya, kata komite kontra-terorisme nasional, Rabu.

"Di Republik Chechnya Abdullah Kurdi adalah anggota dari kelompok-kelompok Arab yang disebut Al Qaida di bawah komando Khattab, Abu al Walid dan Abu Havs, aktivitas ... yang ditumpas sebelumnya oleh Dinas Keamanan Federal Rusia dengan partisipasi dari aparat penegak hukum," kata komite dalam sebuah pernyataan.

Mereka menambahkan bahwa Kurdi mengambil kendali Al Qaida Kaukasus Utara setelah kelompok itu hancur.

Abdullah Kurdi bersama dengan dalang lain teroris Kaukasus Utara Doku Umarov mengorganisasikan sebagian besar serangan teroris yang melibatkan pembom bunuh diri di Rusia.

Kurdi juga adalah koordinator arus masuk keuangan asing untuk para penjahat.

Kurdi datang ke Kaukasus Utara Rusia pada tahun 1991 melalui Gorge Pankisi di Georgia.

Pada Ahad (1/5), US Navy SEAL menembak pemimpin Al Qaida Osama bin Laden di sebuah rumah di Pakistan selama operasi khusus.

Seorang wanita tak dikenal dan tiga pria, satu diyakini anak Osama bin Laden, juga tewas.

Sebuah tes DNA membuktikan bahwa mayat orang yang tewas itu milik Osama bin Laden, orang yang paling dicari FBI dalam dasawarsa terakhir, demikian dilaporkan RIA Novosti.

(H-AK/C003)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen