Ahad, 17 April 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Chernobyl Akan Peringati 25 Tahun Bencana Nuklir

Posted: 17 Apr 2011 01:01 AM PDT

KIEV – Pejabat dari sekira 50 negara akan berada di Ibu Kota Ukraina, Kiev, untuk menghadiri peringatan 25 tahun bencana nuklir Chernobyl.
"Perwakilan dari sekira 50 negara, termasuk para presiden dan perdana menteri, akan berpartisipasi dalam acara pada 19 April, sepekan sebelum peringatan bencana pada 26 April," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Voloshyn, seperti dikutip AFP, Minggu (17/4/2011).
 
Di antara mereka yang akan berpartisipasi adalah Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso, yang akan membuka pertemuan mengenai penggunaan nuklir di lingkungan warga sipil, dan Perdana Menteri Prancis Francois Fillon, yang akan menjadi salah satu relawan yang akan menghimpun dana sebesar 740 juta euro atau sekira Rp9,2 triliun untuk membantu rekonstruksi tempat penampungan baru di atas bekas sisa bencana nuklir di Chernobyl.
 
Selain itu, penyelenggara acara juga mengatakan, Perdama Menteri Rusia Vladimir Putin dan Presiden Kazakhtan Nursultan Nazarbayev diperkirakan akan ikut serta.
Pada 26 April akan menandai 25 tahun sejak meledaknya reaktor keempat di PLTN di Chernobyl, Ukraina. Akibat bencana tersebut radiasi menyelimuti hampir seluruh Eropa, dengan Ukraina, Belarusia, dan Rusia yang paling parah terkena radiasi.
 
Peringatan tersebut diselenggarakan ditengah meningkatnya kekhawatiran global akan kekuatan nuklir setelah PLTN Daiichi Fukushima di timur laut Jepang hancur terkena gempa dan tsunami pada 11 Maret.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Dituduh Pengikut Aliran Sesat, 2 Warga Diamuk Massa

Posted: 17 Apr 2011 01:00 AM PDT

BANDA ACEH - Dua pengikut aliran Millah Abraham yang sudah divonis sesat oleh ulama, diamuk massa di rumahnya di kawasan Terminal Keudah, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, Minggu (17/4/2011).

Amukan itu diduga kuat terjadi karena warga khawatir dengan penyebaran aliran tersebut. Akhir-akhir ini warga Banda Aceh dan sekitarnya sering diresahkan oleh isu adanya aliran sesat, khususnya aliran Millah Abraham.

Kasatreskrim Polresta Banda Aceh, AKP M Isharyadi mengatakan, massa mengepung kediaman dua warga tersebut sejak menjelang tibanya waktu salat Subuh tadi, hingga keduanya berhasil dikuasai.

Massa yang kalap menyerang kedua lelaki bernama Jimmy dan Aji itu, namun amukan tak berlangsung lama karena Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'duddin Jamal beserta sejumlah personel Satpol PP yang tiba di lokasi langsung mengamankan keduanya dari amuk massa, sebelum diserahkan ke Mapolresta.

"Wakil wali kota sama Satpol PP yang langsung mengamankan dan menyerahkannya ke kami. Jadi kondisi mereka tidak apa-apa," kata Isharyadi kepada okezone di Banda Aceh.

Keduanya sekarang masih diperiksa di Mapolresta Banda Aceh. "Mereka masih diduga terlibat aliran sesat, belum tentu itu sesat. Sekarang masih dalam pemeriksaan, cukup dulu ya," ujar dia menutup pembicaraan.

Aksi massa terhadap pengikut Millah Abraham ini bukan kali pertama terjadi di Banda Aceh. Akhir bulan lalu, tiga warga pendatang yang diduga kuat sebagai pengikut Millah Abraham juga diserahkan ke Polisi setelah diusir dari tempat tinggalnya di Kampong Peurada.

Sebelumnya di Kabupaten Bireun hal serupa juga terjadi. Sekitar 40 orang pengikut Millah Abraham dijemput di kediamannya masing-masing oleh warga, kemudian diserahkan ke Polisi. Mereka akhirnya disyahadatkan kembali secara missal oleh ulama-ulama di sana.

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh beserta Muspida Aceh sudah menetapkan bahwa aliran Millah Abraham adalah sesat. Aliran itu menggabungkan ajaran Islam, Yahudi dan Nasrani, sehingga dinilai sangat bertentangan dengan Islam serta agama lain. Aliran ini dinilai juga menggabungkan pemahaman Alquran dengan injil.

Sebuah Peraturan Gubernur tentang larangan penyebaran aliran sesat sudah dikelaurkan dua pekan lalu oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sekaligus melarang Millah Abraham beserta 13 aliran lainnya untuk menyebarkan pengaruhnya di Aceh.
(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen