Jumaat, 15 April 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Turki Jajaki Pembukaan Kantor Taliban di Istanbul

Posted: 15 Apr 2011 07:13 AM PDT

ANKARA - Turki menjajaki pembukaan kantor politik Taliban di Ibu Kota Istanbul. Rencana ini terungkap dari keterangan orang dekat Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan.


"Hal tersebut sedang dalam proses negosiasi saat ini," ungkap Ibrahim Kalin ajudan dari PM Erdogan, seperti dikutip Suratkabar Hurriyet, Jumat (15/4/2011).


Turki yang menjadi tuan rumah pertemuan yang ditujukan untuk membangun kepercayaan antara Pakistan dan Afghanistan, sebelumnya telah memastikan akan membuka perwakilan diplomatik bagi Taliban. Ini dilakukan untuk membantu pembicaraan penyelesaian perang di Afghanistan.


Pakistan yang turut aktif dalam proses pembicaraan ini, mendukung rencana pembukaan perwakilan Taliban ini. Selama ini memang banyak pihak berpendapat bahwa segala macam bentuk penyelesaian masalah yang menyangkut Taliban membutuhkan persetujuan dari Pakistan.


Usulan pembentukan Taliban ini muncul ke permukaan saat berlangsung pertemuan trilateral pada Desember antara Turki, Afghanistan dan Pakistan di Istanbul. Dalam pertemuan itu, Presiden Afghanistan Hamid Karzai menjamin bahwa negaranya menerima keputusan apapun dari pertemuan ini.


Namun pembukaan perwakilan bagi Taliban ini tidak tanpa tentangan. Mantan Menteri Luar Negeri Afghanistan Abdullah Abdullah menyatakan, membuka perwakilan berarti membantu melegalisasi sebuah kelompok teroris.

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Oposisi Libya Mulai Dekati Garis Depan

Posted: 15 Apr 2011 06:09 AM PDT

AJDABIYA - Konvoi pasukan oposisi Libya yang dilengkapi dengan persenjataan lengkap dan peluncur roket, terus mendekati kota Ajdabiya hari ini. 

Mereka ingin mengetahui apakah pasukan pro-pemimpin Libya Muammar Khadafi sudah menarik diri saat serangan udara pasukan koalisi menyerang kota tersebut.


Deretan truk berisi pasukan oposisi melewati garis perbatasan daerah yang sebelumnya menjadi lokasi pertempuran sengit antara pasukan Khadafi dengan pihak oposisi Libya. 


Media pun dilarang untuk meliput kegiatan yang dilakukan oleh pihak oposisi ini. Menurut mereka, hadirnya jurnalis dapat membuka peluang pasukan Khadafi mengetahui lokasi pasukan oposisi saat ini. Demikian diberitakan AFP, Jumat (15/4/2011).


Hingga hari ini, pesawat tempur North Atlantic Treaty Organization (NATO) masih terdengar di langit Libya. Beberapa ledakan pun terdengar saat pesawat jet itu lewat. Diperkirakan jet tempur NATO telah melancarkan serangan udara.


Belum ada kepastian mengenai jatuhnya korban jiwa dalam serangan ini. Sementara pihak NATO umumnya tidak mengkonfirmasi serangan udara yang mereka lakukan.


Kehadiran pesawat jet tempur NATO yang sepertinya makin terus meningkat, dilakukan disaat bersamaan para Mentei Luar Negeri NATO menyetujui tekanan militer yang diarahkan kepada pasukan Khadafi. 

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan