Ahad, 24 April 2011

Republika Online

Republika Online


Iker Casillas Capai Penampilan Ke-417

Posted: 24 Apr 2011 10:53 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,MADRID - Dalam kemenangan 6-3 kontra Valencia akhir pekan kemarin berbuah catatan sejarah tersendiri bagi kiper nomor satu Real Madrid Iker Casillas. Pada laga tersebut, sang kiper menggoreskan penampilan ke-417-nya bersama dengan seragam Los Blancos. Dia menempati urutan keenam sebagai pilar yang paling banyak tampil membela Madrid.

Pencapaian yang baru saja ditorehkan kiper andalan timnas Spanyol itu kini menyamai catatan Pirri. Yakni, salah satu legenda Madrid yang bermain pada musim 1964 sampai 1980. Casillas jelas masih bisa melampui prestasi Pirri karena dirinya masih berkarir hingga detik ini.

Casillas memulai debut bersama Madrid pada 12 September 1999 silam ketika klub menuntaskan laga kontra Athletic Bilbao dengan hasil seri 2-2. Pemain binaan Madrid ini telah 13 kali mendapat penghargaan besar dengan klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini. Dia juga meraih penghargaan paling prestisius saat mengantarkan timnas Spanyol menjuarai Euro 2008 dan Piala Dunia 2010.

Kiper berusia 29 tahun ini punya potensi mengejar apa yang telah dibukukan Raul Gonzalez bersama seragam Madrid, yaitu 500 pertandingan di ajang La Liga Spanyol.

Inilah catatan para pemain Madrid yang telah menembus angka penampilan yang ke-400 di La Liga:
Pemain      Pertandingan
Raul     550
Sanchis     523
Santilliana     461
Hierro     429
Gento     428
Casillas     417
Pirri     417
Camacho     414
Michel     404

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kepsek Bocorkan Kunci Jawaban, Siswa Ulang UN

Posted: 24 Apr 2011 10:51 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ujian Nasional (UN) di salah satu sekolah menengah atas (SMA) di kabupaen
Gorontalo terpaksa diulang. Penyebabnya, posko UN setempat telah mendapatkan laporan tentang adanya kebocoran soal dan penyebaran kunci jawaban kepada siswa-siswa tersebut. Diduga kepala sekolah terkait menyebarkan kunci jawaban mata pelajaran fisika kepada siswa.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan kasus ini berawal dari pengaduan warga ke posko UN yang menyatakan telah terjadi kebocoran soal. Setelah mendapat laporan, pengawas dan panitia UN setempat langsung diturunkan untuk melakukan cek lapangan.

Hasilnya, ditemukan beberapa bukti yang mengarah pada kepala sekolah yang menyebarkan kunci jawaban. "Begitu ada bukti langsung kita proses," katanya kepada wartawan, Senin (25/4).

Ada beberapa kemungkinan ketika soal diambil dan dikerjakan, kata Fasli. Bisa jadi kepala sekolah mencuri waktu setelah soal diambil dari rayon. Atau bisa pula setelah soal sampai di sekolah dan akan dibagi-bagi ke kelas. Kemungkinan terakhir, yaitu pada saat ujian berlangsung.

"Ketika anak-anak mengerjakan soal, mereka membuat kunci jawabannya lalu dibagikan," ungkapnya.

Kasus ini telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Hal ini, lanjut Fasli merupakan pembocoran rahasia negara. Artinya secara teknis penanganannya ada di polisi. Kementerian Pendidikan hanya menindaklanjuti dalam sisi administrasi  saja.

""Kalau ini merupakan dorongan dari Kepala Sekolah di luar keinginan siswanya, maka bagi siswanya akan diberi kesempatan untuk melakukan ujian susulan. Mengenai pelanggaran yang dilakukan, hal tersebut kita serahkan kepada pihak kepolisian," pungkasnya.

Nasib serupa juga menimpa siswa-siswi salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Padang, Sumatra Barat. Karena salah soal, mereka harus mengulang kembali mata pelajaran matematika yang seharusnya dikerjakan pada hari kedua UN.

Soal matematika yang diterima di sekolah tersebut bukanlah paket yang seharusnya dikerjakan oleh siswa SMK. Oleh karena itu UN terpaksa dibatalkan. Setelah diverifikasi, tidak ada kebocoran soal di sana. "Hanya salah paket soal saja," tambah Fasli.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen