Sabtu, 23 April 2011

Republika Online

Republika Online


Agar Garnish Cantik dan Menarik

Posted: 22 Apr 2011 09:12 PM PDT

Hidangan dengan rasa yang lezat dan aroma yang menggoda tentu siapapun pasti suka   apalagi tampil cantik dan indah tentu akan menambah selera penikmatnya. Bagi si picky eater -anak-anak yang sulit akan/memilih-milih-, tampilan makanan yang menarik ini sangat membantu sekali.

Hiasan-hiasan yang digunakan untuk mempercantik makanan berupa hiasan dari sayur mayur, buah-buahan dan bahan makanan lain  inilah yang disebut dengan garnish. Tujuan orang membuat garnish selain keindahan juga untuk mengugah selera sehingga berkeinginan untuk  mencicipi.

"Susah ngga sih membuat garnis ?" tanya seorang Ibu. Jawabannya, "tidak!", bahkan untuk seorang pemula pun karena teknik pembuatannya mudah dipraktikkan dengan menggunakan peralatan yang sederhana kata Ibu Nunung AW, penulis buku Kreasi KreatifGarnis Cantik & Simpel dari Sayur dan Buah.

Sebenarnya apa saja sih yang diperlu diperhatikan untuk membuat garnis yang cantik itu ? Yuk kita intip...

Persiapan:

Untuk membuat garnis hidangan kita harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas:

# Pilihlah sayur dan buah yang masih segar dan bersih
# Memiliki daging buah yang tebal dan kulitnya keras
# Warna sayur  dan buah masih cerah
# Biasanya buah-buahan yang digunakan adalah: tomat, wortel, mentimun semangka,melon, nanas, apel,bengkoang,alpukat dan bit. Sedangkan jenis sayuran yang sering digunakan, daun seledri, bawang , cabe merah/hijau, peterseli, kemangi, lettuce, sawi putih, kol, kacang panjang dan macam-macam daun selada .
 

Alat:
Dalam pembuatan garnish tidak memerlukan alat yang terlalu banyak dan rumit. Alat yang kita butuhkan:

# Cutter : untuk memotong, pisau berujung kecil dan runcing,
# pisau kecil
# lidi
#mould yakni pisau buah untuk membentuk bulatan pada buah
# beberapa peralatan dapur yang biasa kita gunakan juga gunting, baskom dan  talenan.

Banyak bentuk garnish yang bisa dibuat mulai dari yang simpel sampai yang sulit sekalipun diantaranya : burung merak dari bahan wortel, pohon kelapa dari ubi kayu dan mentimun, beraneka macam bunga, mawar, krisan ,anthurium, melati, bermacam binatang : angsa, katak, kelinci,  lobster, kumbang , siput dan bentuk menarik lainnya.

Perlu diperhatikan jika garnish tidak langsung digunakans sebaiknya   rendamlah dalam air es sekitar 1 jam atau bisa juga di simpan di lemari es dengan membungkusnya dengan plastik untuk menjaga bentuk dan kesegaran garnish.

Nah selamat mencoba.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan