Jumaat, 22 April 2011

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Putra Mahkota Abu Dhabi Sowan Obama

Posted: 23 Apr 2011 03:44 AM PDT

Putra Mahkota Abu Dhabi Sowan Obama

Benny N Joewono | Sabtu, 23 April 2011 | 10:44 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menerima Putera Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammaed bin Zayed an-Nahayan pada 26 April untuk membicarakan kepentingan strategis bersama di Timur Tengah, demikian Gedung Putih mengumumkan, Jumat (22/4/2011).

Pertemuan itu diumumkan sepekan setelah putera mahkota bertemu Kepala Komando Pusat AS Letnan Jendral James Mattis, saat ketegangan meningkat di antara negara-negara Arab dan Iran.

"Presiden Obama akan menyambut Putera Mahkota Mohammed bin Zayed An Nahayan dari Uni Emirat Arab ke Gedung Putih pada Selasa, 26 April," katanya dalam satu pernyataan.

"Presiden menanti-nanti untuk membicarakan dengan putera mahkota, hubungan kuat antara AS dan UAE serta kepentingan strategis kami di kawasan itu," kata Gedung Putih.

Situasi tegang di antara negara-negara Arab Teluk dan Iran memburuk setelah intervensi pasukan keamanan Teluk pertengahan Maret lalu, yang mencakup satu kesatuan dari UAE, di Bahrain yang diperintah Sunni, tempat pasukan keamanan menumpas demonstrasi pro-demokrasi pimpinan Syiah.

Intervensi itu telah memicu perang kata antara berbagai negara Arab Teluk dan tetangga mereka Iran, dengan kedua belah pihak saling tuduh telah campur tangan di Bahrain, dan negara-negara Arab menduga campur tangah Iran di Kuwait.

AS dan berbagai negara Barat lainnya menuduh Teheran berusaha mendapatkan senjata nuklir dan mendukung gerilyawan di Irak.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

5.500 Pesta Jalanan Sambut William-Kate

Posted: 23 Apr 2011 03:28 AM PDT

LONDON, KOMPAS.com — Sebanyak 5.500 pesta jalanan akan diselenggarakan di seluruh Inggris untuk merayakan perkawinan Pangeran William dan Kate Middleton, Jumat (29/4/2011) depan, meski pernikahan keluarga kerajaan itu gagal membuat kegairahan warga lokal di London timur.

Permintaan izin bagi penutupan jalan untuk menyelenggarakan perayaan tradisional berbagai acara kenegaraan telah membanjiri dewan kotapraja di seluruh negeri tersebut.

Para pejabat mengatakan, Inggris selatan, yang lebih makmur, tampaknya lebih condong kepada kerajaan dibandingkan dengan wilayah utara, yang lebih miskin.

Local Government Association (LGA) menyatakan, banyak dewan kotapraja telah kebanjiran permintaan untuk penyelenggaraan pesta. Jalan-jalan sudah dibuat cantik dengan spanduk dan bendera, sedangkan warga setempat memasang meja lipat di jalan untuk berbagi makanan dan minuman.

Namun, pemerintah wilayah di London timur, Barking, dan Dagenham, daerah kelas pekerja dengan beragam kelas sosial ekonomi dan tempat tinggal banyak orang yang lebih miskin serta keturunan pendatang, belum menerima satu permintaan pun.

"Ada sedikit kegiatan yang berlangsung seperti pesta di balai masyarakat, tapi kami belum menerima permintaan untuk menutup jalan," kata juru bicara dewan kotapraja.

"Kami juga tak menawarkan dana untuk membantu penyelenggaraan pesta perkawinan keluarga kerajaan. Itu mungkin salah satu alasan," kata juru bicara tersebut kepada Reuters.

Secara keseluruhan, akan ada 800 pesta, sedangkan di wilayah Inggris tenggara, Surrey, Hertfordshire, dan Kent, yang berada di sekitar London, juga telah menerima ratusan permintaan.

Jumlah tersebut menunjukkan lebih sedikit antusiasme bagi masyarakat untuk berkumpul di luar kota besar utama di Inggris utara.

"Saya kira cukup adil untuk mengatakan wilayah selatan lebih royalis, dan ada lebih banyak permintaan penutupan jalan dibandingkan dengan wilayah utara," kata juru bicara LGA.

"Kenapa begitu? Kami tak tahu."

Meskipun Ratu Elizabeth, nenek William, tetap populer setelah 59 tahun naik takhta, kaum royalis Inggris nyaris tak merayakan apa pun selama dua dasawarsa. Keluarga kerajaan lebih sering melahirkan berita perceraian, kematian, dan skandal.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen