Khamis, 17 Mac 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


"Kalau Rakyat Sejahtera Teror Bom Tak Akan Muncul"

Posted: 17 Mar 2011 11:26 PM PDT

DEPOK - Dari kacamata intelijen, ancaman dan teror bom yang marak di Indonesia dilakukan oleh teroris. Bahkan tak sedikit yang menyebut didalangi oleh Jamaah Islamiyah (JI) atau pendukung terdakwa teroris Abu Bakar Baasyir.
 
Namun jika dilihat dari kacamata budaya atau sosial tentu berbeda. Peneliti Kajian Budaya Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati menilai, secara makro ancaman teror bom yang marak terjadi dilatarbelakangi oleh perbedaan kasta atau kelas antara tiap level dan golongan di masyarakat.
 
Ketimpangan sosial atau kesenjangan sosial dinilai Devie sebagai faktor utama pemicu kekesalan para teroris yang mengirimkan paket bom buku ke banyak lokasi. Bahkan Devie yakin bahwa khusus bom untuk Jaringan Islam Liberal (JIL), ditujukan untuk Ulil Abshar Abdala yang duduk sebagai elite politik.
 
"Ini ada kesenjangan sosial, kalau ada kesejahteraan yang cukup, tidak akan muncul teror seperti ini, kewajiban pemerintah bagaimana caranya meyakinkan kepada masyarakat untuk dapat hidup layak," katanya kepada okezone, Jumat (18/3/2011).
 
Tak hanya itu, Devie juga mengungkapkan era globalisasi memunculkan fundamentalis baru. Untuk Indonesia, ternyata yang muncul adalah fundamentalis Islam dan banyak pihak yang menggunakan isu agama.
 
"Kalau di Spanyol, kenapa Islam sedikit? Karena kalau baca sejarahnya, di sana dulu penyebaran Islam menggunakan cara kekerasan dan tidak berhasil, beda dengan Indonesia yang dengan cara damai dan humanis, tetapi kalau teroris niatnya jihad dan syiar, ini adalah syiar yang gagal," tandasnya.

(teb)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Truk Seruduk Bus di Padang, 5 Tewas

Posted: 17 Mar 2011 11:19 PM PDT

PADANG - Tabrakan maut terjadi di Padang, Sumatera Barat. Truk menyeruduk bus mengakibatkan lima orang tewas. Satu di antaranya tewas di lokasi.

Awalnya, truk Colt diesel dengan kecepatan tinggi melaju di Jalan Lintas Sumatera Padang Panjang-Bukittinggi KM 7.

Truk bernomor polisi BA 9102 GZ langsung menyeruduk bus ANS bernopol BM 7107 RU jurusan Riau-Padang yang tengah berhenti. Insiden terjadi pada Jumat dini hari, sekira pukul 03.00 WIB.

Menurut Kasat Lantas Polresta Padang Panjang, AKP Ari Paloh bus ditabrak di Rumah Makan Aia Badarun, Nagari Aia Angek, Kecamatan IX Kota, Kabupaten Tanah Datar.

"Saat itu bus ANS berhenti kernet sedang memperbaiki lampu rem di belakang. Melihat kondisi itu, empat penumpang lainya turun, namun dari arah yang sama Colt diesel yang melaju cepat langsung menabrak penumpang dan kernet bus yang sedang berdiri di belakang," beber Ari, Jumat (18/3/2011).

Kernet bus, Erianto (32), warga Gunung Pangilun Padang tewas di lokasi dalam kondisi terjepit di antara bus dan truk.

Sementara empat orang korban lainnya meninggal saat mendapat perawatan di RSUD Padang Panjang.

Korban adalah Hasan Sitompul (33), warga Jalan Perupuk Tabing, Padang; Erizal (43), warga Kampung Manggis, Kota Padang Panjang; Anggil (47), warga Sicincin, Padang Pariaman; dan laki-laki berusia sekira 30 tahunan yang belum diketahui identitasnya.

Dari olah TKP, diduga truk melaju kencang dan sopir tidak bisa mengendalikan kendaraannya.

"Kedua sopir langsung melarikan diri, namun kasus ini terus kami proses dan mencari kedua sopir itu. Kami juga sudah mengamankan dua mobil tersebut, sedangkan penumpan lainnya selamat," tutup Ari.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen