Isnin, 28 Mac 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Kebocoran Radiasi Dikhawatirkan Menyebar

Posted: 28 Mar 2011 02:06 PM PDT

TOKYO - Kebocoron radiasi ditemukan di luar reaktor nuklir Fukushima Jepang. Kebocoran ini membuat khawatir pejabat setempat akan terpaparnya lingkungan.

"Air radioaktif telah ditemukan untuk pertama kalinya di luar salah satu bangunan reaktor di pabrik yang dilanda gempa Fukushima nuklir Jepang," kata pejabat setempat seperti dilansir BBC.

Hal tersebut dikarenakan telah terjadi kebocoran di dalam terowongan yang terhubung ke reaktor No 2 yang telah menimbulkan kekhawatiran akan merembesnya cairan radioaktif ke lingkungan.

"Plutonium juga telah ditemukan dalam tanah di pabrik, tetapi tidak pada tingkat yang mengancam kesehatan manusia" lanjut pejabat tersebut.

Penemuan air yang yang mengandung zat radioaktif di luar sebuah gedung reaktor adalah perkembangan yang sangat mengkhawatirkan.

Sebelumnya, pemerintah Jepang mengkritk operator PLTN Fukushima Daiichi,  Tokyo Electric Power Co (Tepco) karena tidak akurat memberi informasi tentang ambang batas radiasi.

Tepco mengumumkan bahwa sebuah kolam air yang terpapar zat radioaktif dalam reaktor No 2 adalah 100 kali lebih tinggi dari radioaktif yang sebenarnya. Namun pada hari Minggu Tepco mengatakan tingkat radiasi di reaktor nomor 2 adalah 10 juta kali lebih tinggi dari normal.

Atas ketidakpastian data tersebut, Kepala Sekretaris Kabinet Yukio Edano mengataklan kesalahan dalam pendataan tersebut sangat fatal. "Mengingat fakta bahwa pemantauan radioaktivitas adalah suatu kondisi utama untuk memastikan keamanan, kesalahan semacam ini benar-benar tidak bisa diterima," ujar Yukio.(fer)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ledakan Hantam Pabrik yang Dikuasai Militan Yaman

Posted: 28 Mar 2011 04:22 AM PDT

SANAA - Ledakan beruntun dikabarkan melanda pabrik senjata yang sebelumnya dikuasai oleh kelompok militan Yaman di wilayah selatan negara itu.


Penduduk setempat mengatakan ledakan tersebut dapat terdengar hingga 15 kilometer dari pabrik yang terletak di Kota Khanfar. Tidak jelas apakah ledakan tersebut terjadi karena disengaja atau tidak disengaja.


Pabrik tersebut diketahui memproduksi amunisi dan senjata Kalashnikov. Beberapa ambulans langsung mendatangi lokasi ledakan dan membawa korban ke Rumah Sakit Al-Razi yang terletak di Jaar.


Masih belum jelas jumlah korban jiwa akibat ledakan ini. Sementara seorang dokter di rumah sakit yang menerima korban menyatakan, korban tewas akibat ledakan mencapai 50 hingga 55 jiwa. Demikian diberitakan Reuters, Senin (28/3/2011).


Insiden kali makin menambah kacau kondisi Yaman kali ini. Selama beberapa pekan terakhir, kondisi negara tersebut diwarnai kekacauan akibat kerusuhan politik serta kondisi keamanan yang makin menuru

(faj) Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan