Sabtu, 26 Mac 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Oposisi Berhasil Rebut Kembali Ajdabiya

Posted: 26 Mar 2011 04:03 AM PDT

TRIPOLI- Kelompok oposisi Libya berhasil mengambil alih kembali kota Ajdabiya setelah serangan udara dari koalisi internasional mengenai pasukan Khadafi.
 
Seorang anggota kelompok oposisi Saif Sadawi (20) mengatakan, kota di gerbang timur berhasil diambil alih pada Jumat 25 Maret malam. Dan kota di gerbang barat berhasil diambil alih pada Sabtu dini hari setelah serangan udara mengenai kedua lokasi tersebut.
 
"Semua wilayah Ajdabiya sudah bebas," ujar Sadawi, sambil memegang senjata jenis RPG, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (26/3/2011).
 
Orang-orang berkendara ke jalan, membunyikan klakson untuk merayakan kemenangan tersebut. Kota Ajdabiya berada dalam kepungan selama sepekan lalu.
 
Sejak sepekan terakhir koalisi telah melakukan serangan terhadap pasukan Khadafi dalam upaya melaksanakan zona larangan terbang untuk melindungi warga sipil.
Serangan segera dilancarkan begitu PBB mengesahkan segala tindakan yang diperlukan untuk melindungi warga Libya pada Sabtu 19 Maret.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

AS Bantu Dinginkan Reaktor PLTN Fukushima

Posted: 26 Mar 2011 03:03 AM PDT

SENDAI- Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) membantu Pemerintah Jepang dalam mengatasi reaktor nuklir di PLTN Fukushima. Dengan membawa air tawar, kapal asal Paman Sam ini akan membantu pendinginan reaktor.
 
Upaya tersebut dilakukan untuk meredam kekhawatiran akan radiasi yang terus meningkat dan membersihkan air yang terkontaminasi radioaktid di PLTN itu. Para pekerja di PLTN Daiichi Fukushima selama ini memompa air laut untuk menstabilkan suhu reaktor sejak tsunami merusak sistem pendingin di reaktor tersebut pada 11 Maret lalu.
 
"Operator PLTN, Perusahaan Listrik Tokyo (Tepco), bergegas mengganti air laut dengan air tawar karena khawatir garam dari air laut akan membuat reaktor menjadi korosif," ujar juru bicara Badan Keselamatan Nuklir dan Industri Jepang Hidehiko Nishiyama seperti dikutip Associated Press, Sabtu (26/3/2011).
 
Penggantian strategi tersebut merupakan taktik terbaru yang dilakukan Tepco untuk memulihkan kembali reaktor di PLTN yang berada 220 kilometer dari Tokyo.
 
Tingkat radiasi secara perlahan merembes dari PLTN sejak terjadinya gempa dan tsunami. Hal tersebut memaksa penduduk yang berada dalam radius 20 kilometer dari PLTN harus dievakuasi.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan